home ×
Digilife

YouTube Uji Coba Sembunyikan Dislike Demi Lindungi YouTubers

31 March 2021 By
YouTube Uji Coba Sembunyikan Dislike Demi Lindungi YouTubers
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - YouTube mengumumkan jika platform mereka sedang mencoba menyembunyikan ‘dislike’ pada video penggunanya guna mencegah adanya ‘dislike mobs’ atau ‘dislike massal’ pada video konten kreator.

Ujicoba ini merupakan bentuk solusi yang sudah didiskusikan perusahaan, meski berbeda dari apa yang sudah direncanakan tapi ujicoba ini mirip dengan yang dilakukan platform lain seperti Instagram untuk menghentikan serangan yang ditargetkan pada pihak tertentu.

Dalam setup saat ini, statistik ‘suka’ dan ‘tidak suka’ hanya dapat dilihat di halaman creator YouTube Studio, dan secara publik menampilkan statistik ‘suka’ saja.

YouTube mengatakan fitur ‘tidak suka’ dapat mengganggu ketenangan para konten kreator dan dapat mendorong ‘kampanye ketidaksukaan’ yang ditargetkan pada konten kreator. Biasanya, jika melihat angka dislike naik, maka orang-orang akan termotivasi untuk membuat angka tersebut lebih besar lagi.

Awalnya, YouTube menghadirkan fitur like dan dislike untuk memberikan masukan dan mengukur keberhasilan kreativitas pembuat konten, tapi akhir-akhir ini malah disalahgunakan untuk menyerang satu pihak tertentu.

Ada tiga cara yang dipertimbangkan YouTube untuk mengatasi masalah ini. Pertama, menyembunyikan angka like dan dislike di video. Kedua, menambahkan lebih banyak gesekan untuk tak menyukai sesuatu dengan cara interaksi ekstra, atau menghapus sistem like dan dislike secara keseluruhan.

Ujicoba ini tidak diterapkan pada semua video, jika pengguna menemukan ada video yang tak memiliki fitur dislike, maka ini merupakan bagian dari percobaan YouTube untuk mengumpulkan masukan dari pengguna platformnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article