home ×
Digilife

Yuk, Tonton Obrolan Seru tentang ‘Racun’ Media Sosial Bareng Enda Nasution di Uzone Talks

21 October 2020 By
Yuk, Tonton Obrolan Seru tentang ‘Racun’ Media Sosial Bareng Enda Nasution di Uzone Talks
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia di era modern seperti sekarang. Aplikasi seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya sudah menjadi hal wajib install di ponsel pintar.

Awalnya media sosial menjadi wadah berbagi momen, konten personal seperti foto dan video sebagai buku harian digital, kini isinya semakin beragam — endorsement, misinformasi, hoaks, dan yang paling sering ditemui adalah bully dan penghakiman sosial, seakan-akan netizen Indonesia menjadi pakar moral terhadap apa-apa yang diunggah oleh pengguna lain, entah teman sendiri, public figure, sampai stranger alias orang asing yang kebetulan bertemu secara acak di linimasa.

Bully secara digital lama-lama menjadi hal lumrah tanpa mempedulikan dampaknya bagi kesehatan mental tiap pengguna. Sampai muncul frasa umum yang sering digaungkan oleh netizen, seperti “kalau mental lemah, jangan main medsos” sampai “medsos tuh racun banget, hapus aja!”.

Sebenarnya, seperti apa sih bahaya dan ‘racun’ di media sosial? Apa memang benar, media sosial itu gak sehat, atau justru gara-gara kebiasaan netizen yang gampang berperan menjadi ‘polisi moral’ yang membuat platform digital terasa melelahkan?

Tim Uzone akan mengupas secara singkat mengenai fenomena ini bersama pengamat media sosial Enda Nasution dalam program Uzone Talks, besok, Kamis (22/10).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Uzone.id - Media Teknologi (@uzoneindonesia) on

Enda sendiri selama ini dikenal sebagai ‘Bapak Blogger’, seiring berjalannya waktu Enda tetap aktif di ranah digital, khususnya berbicara tentang etika di platform digital dan membuat gerakan bijak menggunakan media sosial.

Pernah membuat startup berupa aplikasi digital Sebangsa dan terjun sebagai mentor program Gerakan 1000 Startup Nasional, Enda juga disibukkan dengan perusahaan agensi digitalnya, Suvarna.id.

Jangan lewatkan obrolan seru ini ya, teman-teman. Tonton siaran live-nya cuma di situs Uzone.id dan channel YouTube Uzone ID!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 21 October 2020 | 22:47:00

obrolan yang sangat bagus kita jadi tahu seluk beluk dunia media sosial

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article