home ×
Digilife

Zoom Bantah Bagi Informasi Pribadi ke Facebook

30 March 2020 By
Zoom Bantah Bagi Informasi Pribadi ke Facebook
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Aplikasi untuk video conference, Zoom, naik daun setelah sejumlah orang bekerja di rumah untuk menghindari penyebaran virus COVID-19. Tapi belakangan, Zoom ketahuan berbagi informasi pribadi penggunanya ke Facebook.

Menyusul pengumuman oleh Motherboard pada hari Jumat (27 Maret) bahwa Zoom membagikan informasi pengguna dengan Facebook melalui aplikasi iOS-nya , layanan konferensi video itu langsung meluncurkan pembaruan untuk pengguna iOS.

Zoom telah menghapus kode berbagi data dari aplikasi, memberi tahu Motherboard, yang dikutip Senin (30/3/2020), dalam sebuah pernyataan bahwa fitur 'Login dengan Facebook' diimplementasikan "untuk memberi pengguna kami cara lain yang nyaman untuk mengakses platform Zoom’.

Fitur login itu - ditemukan di beberapa aplikasi - diterapkan dengan menggunakan Facebook SDK (perangkat pengembangan perangkat lunak) yang menghubungkan pengguna aplikasi ke Graph API Facebook (Application Programming Interface) ketika aplikasi diluncurkan.

Baca juga: Kerja dari Rumah? Ini Aplikasi Video Call yang Cocok untuk Meeting

SDK kemudian dapat berbagi informasi dengan pihak ketiga, bahkan jika pengguna tidak memiliki akun media sosial dengan Facebook.

Facebook mengharuskan pembuat aplikasi untuk berbagi informasi ini dengan pengguna dalam kebijakan privasi, namun Zoom tidak menyebutkan secara eksplisit bahwa perusahaan media sosial akan memiliki akses ke data pengguna jika tidak ada akun yang ditautkan.

Menurut pernyataan Zoom, aplikasinya yang tertanam Facebook SDK tidak membagikan informasi sensitif apa pun, seperti nama pengguna, email, dan nomor telepon, tetapi memasukkan data tentang perangkat pengguna seperti jenis dan versi OS seluler, zona waktu perangkat, perangkat OS, model perangkat dan operator, ukuran layar, inti prosesor, dan ruang disk.

Zoom telah mengeluarkan permintaan maaf untuk pengawasan dan perusahaan mengatakan sangat memperhatikan privasi penggunanya.


 

 





Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id