home ×
Telco

Dari Operator Kita Tahu Warga Pulau Jawa Tak Mudik Saat Lebaran

29 May 2020 By
 Dari Operator Kita Tahu Warga Pulau Jawa Tak Mudik Saat Lebaran
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Lebaran tahun ini terasa berbeda. Karena pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia melarang semua warganya untuk tidak mudik ke kampung halaman. Demi memutus rantai penyebaran.

Perintah untuk tidak mudik, tampaknya dipatuhi atau (mungkin) terpaksa dipatuhi. Setidaknya ini data yang didapatkan melalui pergerakan seluler pelanggan Telkomsel.

“Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal pergi oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek,” ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, melalui keterangan resminya.

Baca juga: Trafik Telkomsel Saat Lebaran

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelanggan di Pulau Jawa, khususnya di Jabodetabek melakukan pergerakan ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun tidak untuk tahun ini.

Nah, dari pemantauan Telkomsel, di masa pandemi ini mengalami penurunan kedatangan pelanggan sebesar -83 persen untuk wilayah Jawa Tengah, -77 persen  untuk Jawa Barat, dan -83 persen  untuk Jawa Timur dibandingkan Idul Fitri tahun 2019.

Dari data tersebut bisa disimpulkan, bahwa setidaknya pelanggan Telkomsel yang berada di Jabodetabek tidak melakukan pergerakan ke luar daerah alias mudik.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4 persen. Sedangkan layanan video streaming naik 13,8 persen dan mobile gaming naik 83,7 persen, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Baca juga: Pelanggan XL Axiata Sibuk Video Call Saat Lebaran
 
Telkomsel juga mencatat, selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2020 ini lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service.



Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8 persen dari total jenis layanan data yang diakses selama Ramadan dan Idul Fitri.

Sekadar informasi, per September 2019 tercatat jumlah pelanggan Telkomsel lebih dari 170 juta pelanggan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id