home ×
Telco

Lebaran di Rumah Aja, Trafik Data Telkomsel Melonjak 22,8 Persen

28 May 2020 By
Lebaran di Rumah Aja, Trafik Data Telkomsel Melonjak 22,8 Persen
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Momen Ramadan dan Idul Fitri tahun berbeda, karena sejumlah orang harus berada di rumah terlebih dahulu. Alhasil ini juga berpengaruh terhadap trafik layanan data Telkomsel.

Dari data yang dikeluarkan oleh Telkomsel, pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8 persen jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

“Sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus dilakukan dari rumah,” tukas Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, melalui keterangan resminya.

Baca juga: Perjalanan 25 Tahun Telkomsel

Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35 persen dibandingkan hari normal.

Sebagai kelanjutan dari himbauan Pemerintah RI agar masyarakat menunda mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal mudik oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini, trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Baca juga: Cara Telkomsel Merayakan Ultah di Tengah Pandemi

Di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur yang biasanya menjadi destinasi utama mudik dan paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode Ramadan dan Idul Fitri, di masa pandemi ini mengalami penurunan kedatangan pelanggan sebesar -83 persen untuk wilayah Jawa Tengah, -77 persen  untuk Jawa Barat, dan -83 persen  untuk Jawa Timur.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4 persen.

Layanan

Trafik Puncak

RAFI 2020

Hari Normal 2020

RAFI 2019

Data

26,69 Peta Byte

Naik 22,8%

Naik 42,1%

SMS

495 Juta SMS

Turun 12,1%

Turun 6,7%

Suara

1,1 Miliar Menit

Turun 0,9%

Naik 2,3%



Sedangkan layanan video streaming naik 13,8 persen dan mobile gaming naik 83,7 persen, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.
 
Telkomsel juga mencatat, selama momen RAFI 2020 ini lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service.

Aplikasi

Proporsi dari Akses Keseluruhan Apikasi

Perbandingan dengan Hari Normal 2020

Youtube

18,8%

Naik 6,9%

Facebook

16,6%

Turun 0,5%

Whatsapp

16,2%

Naik 49,2%

Instagram

13,2%

Naik 5,3%

Google Services

5%

Naik 7.1%



Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8 persen dari total jenis layanan data yang diakses selama momen ini.
 
Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal.

Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS.

Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital, khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 saat ini.
 
 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id