icon-category Gadget

Goodbye! Xiaomi Pensiunkan MIUI, Diganti HyperOS

Bagikan :

Uzone.id - Ucapkan selamat tinggal pada MIUI, karena di tahun depan sistem operasi berbasis Android yang sudah eksis selama 13 tahun itu akan digantikan oleh OS terbaru, namanya HyperOS. 

Xiaomi telah mengonfirmasi kalau HyperOS akan tersedia secara global dan debut pada Xiaomi 14 Series terbaru. Dan secara bertahap, HyperOS akan menggantikan MIUI pada perangkat Xiaomi secara global mulai tahun depan.

“Ini akan datang pada seri flagship Xiaomi 14 dan secara bertahap menggantikan MIUI,” jelas VP Xiaomi Global sekaligus ex bos Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, di X (dulunya Twitter).

Xiaomi belum mengungkap detail lainnya tentang HyperOS. Alvin kasih sedikit bocorannya, kalau HyperOS memiliki sejumlah keunggulan, mulai dari user experience yang lancar, memberikan performa lebih baik, serta memaksimalkan integrasi antara smartphone dengan berbagai perangkat berbasis internet of things berbasis AI atau AIoT.

“Tidak sabar menunggu era baru dengan performa tinggi, kelancaran, dan konektivitas di seluruh ponsel cerdas x AIoT!” terang Alvin.

HyperOS dikembangkan sejak tahun 2017

Bos Xiaomi, Lei Jun dalam postingannya di Weibo menyebut, pengembangan HyperOS dimulai pada tahun 2017. Sistem operasi ini dibuat untuk mendukung berbagai macam produk Xiaomi, gak cuma smartphone atau tablet, tapi juga smart home, mobil, hingga aplikasi.

OS baru ini akan mengikat seluruh ekosistem produk Xiaomi, sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol dan mengelola perangkat mereka dari satu tempat.

“Pada tahun 2014, ketika bisnis IoT mulai terbentuk, kami memulai eksplorasi pengembangan dan verifikasi. Pada tahun 2017, penelitian dan pengembangan sistem baru secara resmi diluncurkan untuk mendukung seluruh perangkat dan aplikasi ekologi dengan kerangka sistem yang terintegrasi, Ini adalah upaya kami,” tulis Lei Jun dalam postingan di Weibo.

Lebih lanjut, HyperOS didasarkan pada integrasi Android dan sistem Vela. Untuk diketahui, Xiaomi Vela adalah perangkat lunak IoT yang berbasis OS open source NuttX.

Awalnya dirumorkan bernama MiOS

Xiaomi sudah sejak lama dikabarkan akan menggantikan MIUI dengan OS yang baru. Saat itu beredar kalau nama pengganti MIUI tersebut adalah MiOS. 

MiOS bukan sekadar OS baru untuk smartphone atau tablet Xiaomi saja, tapi memang dibuat untuk aneka produk Xiaomi. 

Dengan kepastian yang diberikan Alvin Tse, kini terjawab kalau pengganti MIUI adalah HyperOS. Mi Fans - sebutan para penggemar Xiaomi harus bersiap meninggalkan MIUI yang telah disematkan pada berbagai perangkat Xiaomi sejak 13 tahun silam, atau pada 10 Agustus 2010 silam.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini