icon-category Auto

Sad, MotoGP Mandalika 2023 Tanpa Mir dan Rins di Suzuki

  • 13 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (Foto: Instagram @suzukimotogp)

    Uzone.id - Lagi sayang-sayangnya sama Joan Mir dan Alex Rins yang jadi gacoan Tim Suzuki Ecstar, kita mungkin tak akan melihat lagi kedua pembalap itu bersama tim yang sama di ajang MotoGP Mandalika 2023 nanti.

    Suzuki sudah menyampaikan surat perpisahan melalui situs Suzuki-racing.com pada pada Kamis (12/5/2022).

    Surat yang membuat penggemar broken heart itu menyatakan jika "Suzuki Motor Corporation sedang berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP pada akhir tahun 2022."

    Suzuki terlihat jelas sedang bergulat dengan masalah keuangan. Mereka menyebut situasi ekonomi saat ini memaksa mereka mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru.

    "Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami," tutup Suzuki.

    BACA JUGA: Suzuki Undur Diri dari MotoGP, Apa Alasannya?

    Rins dan Mir termasuk yang 'vokal' untuk urusan aspal Sirkuit Mandalika yang punya nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit. 

    Usai menuntaskan GP Indonesia 2022, mereka meminta pengaspalan ulang di ruas jalanan sirkuit. Padahal, sirkuit sudah diaspal ulang di area sebelum tikungan 16 jelang MotoGP yang berlangsung 18-20 Maret.  

    Rins mengunggah foto serpihan aspal yang sedang menancap di dadanya usai gelaran GP Indonesia.

    "Bahkan, kami merasa ada serpihan aspal yang menerjang badan dalam kondisi basah," tutur Rins lalu menambahkan,"Di tikungan terakhir, aspalnya mulai terkelupas. Bayangkan dalam kondisi kering."

    Pembalap asal Spanyol itu lalu mengatakan bahwa beruntung tidak ada yang terluka. "Mereka harus segera memperbaikinya."

    BACA JUGA: Honda Siap Bangkitkan NX500, Pesaing RE Himalayan 450

    Kemudian, Joan Mir menambahkan bahwa aspal akan lebih bermasalah jika balapan kering. Bahkan dalam kondisi hujan sejumlah lubang di akhir putaran, di tikungan terakhir, kata dia.

    “Bayangkan dalam kondisi kering. Wah, itu sangat berbahaya. Akan jadi sebuah tantangan untuk menyelesaikan balapan. Pengaspalan ulang (untuk tahun depan) sangat penting," ujarnya.

    Mir mengaku terkejut ketika jumlah putaran ketika GP Indonesia dikurangi menjadi 20 lap  (dari 27 lap) saja. "(Ternyata), itu semua karena tikungan terakhir. Ada lubang di aspalnya."

    Motor Alex Rins Terbakar saat FP4 GP Indonesia

    Kita juga mengenang motor Suzuki GSX-RR yang dikendarai Alex Rins terbakar di Tikungan 10 ketika melakukan Free Practice (FP) 4 di MotoGP Mandalika pada 19 Maret 2022.

    Kejadian itu membuat panitia mengibarkan bendera merah saat FP4. Beruntung Rins tidak mengalami luka.

    Dia menjelaskan bahwa tim Suzuki memberitahu dirinya kalau GSX-RR mengalami masalah di selang tempat oli lewat.

    "Untung mesinnya baik-baik saja, tidak terpengaruh," terang Rins.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini