icon-category Digilife

Implan Otak Neuralink Buatan Elon Musk Jadi Incaran Penjahat

  • 07 Aug 2020 WIB
Bagikan :

Ilustrasi (Jesse Orrico / Unsplash)

Uzone.id - Seseorang yang mendapat implan otak untuk meningkatkan kecerdasan bisa jadi incaran penjahat siber.

Hal itu dikatakan oleh para ahli siber yang memperingatkan modifikasi sci-fi noggin terdapat celah keamanan yang serius.

Beberapa perusahaan di seluruh dunia sedang bekerja keras membuat antarmuka yang menghubungkan komputer ke otak manusia untuk memberi kecerdasan super.

Salah satu proyek neuralink yang bermarkas di California dibiayai oleh miliarder Elon Musk. Proyek ini bertujuan menyiapkan purwarupa yang bisa dioperasikan pada Mei 2021.

BACA JUGA: Berapa Kekuatan Ledakan di Beirut, Lebanon?

Implan neuralink bisa mengalirkan musik langsung ke otak kamu dan melepaskan hormon seperti seretonin sesuai perintah, menurut Elon Musk.

Ahli pun memperingatkan bahwa antarmuka otak-komputer atau brain-computer interfaces (BCI) bisa dibajak untuk menghapus atau mengganggu keterampilan atau ingatan kamu.

"BCI punya potensi mengubah otak pengguna," tutur Javier Minguez, salah satu pendiri perusahaan neuroteknologi Bitbrain.

Untuk menjaga integritas fisik dan mental pengguna, kata Javier, sistem BCI memastikan bahwa tidak ada orang yang tidak berwenang yang bisa memodifikasi fungsinya.

BCI pertama siap-siap dijual ke pasar, menawarkan pengguna kemampuan untuk mengontrol aplikasi dengan pikiran kamu atau tetap memperhatikan tingkat stres kamu.

Teknologi ini juga memiliki aplikasi militer yang memungkinkan tentara untuk memerintah atau berkomunikasi dengan sekumpulan drone dengan pikiran.

Namun, teknologinya jelas menimbulkan masalah keamanan yang serius.

Meretas pikiran atau ingatan seseorang bisa menjadi bentuk baru serangan dunia maya yang dipakai untuk memata-matai orang atau bahkan mendapat keuntungan di medan perang di masa depan. (The Sun)

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini