home ×
Auto

 Isuzu Panther Pamit Setelah 30 Tahun di Indonesia

11 February 2021 By
  Isuzu Panther Pamit Setelah 30 Tahun di Indonesia
Share
Share
Share
Share

Foto: Isuzu

Uzone.id - Mungkin Panther sudah terlalu renta untuk gesit mengikuti perkembangan zaman, khususnya soal spesifikasi, fitur, juga yang gak kalah penting standar emisi mesin diesel legendarisnya itu.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akhirnya menghentikan produksi Isuzu Panther di Indonesia. Selamat jalan legenda.

"Hari ini kami mengucapkan terima kasih Panther karena kita akan lebih fokus lagi ke commercial vehicle (CV)," ujar General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia Attias Asril saat menggelar media gathering virtual.

Baca juga: Layar Bermasalah, Tesla Diminta Recall 158 Ribu Unit Mobil

Isu pensiunnya Panther memang sudah beberapa tahun terakhir terdengar. Namun, Isuzu masih berusaha mempertahankan napas Panther sampai di tahun 2021 ini.

Penjualan yang terus menurun, fokus perusahaan pada kendaraan komersial, menjadi pertimbangan utama akhirnya Panther harus undur diri.

Bicara penjualannya sendiri, selama 30 tahun Isuzu Panther mencatatkan penjualan sebanyak 433.117 unit dari empat generasinya.

Sementara kalau kita tarik beberapa tahun ke belakang, berdasarkan data GAikindo, penjualannya pada 2018 sebanyak 950 unit, 2019 sebanyak 763 unit, dan 2020 sebanyak 320 unit.

Panther sendiri punya umur yang panjang di Tanah Air, tepatnya 3 dekade sejak pertama kali diluncurkan tahun 1991.

Generasi pertama tahun 1991-1996 yang disebut sebagai Panther Kotak Pre-Facelift, lalu diikuti generasi kedua 1996-2000 yang disebut dengan Panther Kotak Facelift.

Kemudian, generasi mulai ada sebutan Panther Kapsul versi awal (2000-2004), dan generasi terakhir mulai 2004 hingga saat ini.

VIDEO First Ride Honda PCX 160:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article