Auto

Layar Bermasalah, Tesla Diminta Recall 158 Ribu Unit Mobil

  • 16 January 2021
  • Bagikan :

    Uzone.id – Tesla rupanya sedang dihantui masalah kegagalan tampilan layar yang ada di mobil listriknya yang sudah terjual.

    Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) di Washington D.C. meminta perusahaan Elon Musk itu menarik total 158 ribu unit mobil, beberapa di antaranya Tesla Model S tahun 2012-2018 dan Tesla Model X tahun 2016-2018 yang memiliki masalah pada tampilan layar.

    Masalah ini pertama kali terungkap di bulan Juni, saat NHTSA membuka penyelidikan atas keluhan pengguna tentang layar sentuh di mobil listrik tesla yang hampir rusak.

    Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

    Karena gambar dari kamera belakang ditampilkan pada layar sentuh tersebut, kegagalan fungsi saat mengemudi dikhawatirkan bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

    Sebelumnya Tesla dilaporkan sudah melakukan beberapa upaya dengan memperbarui software yang terdapat pada mobil listrik besutannya tersebut, tapi rupanya upaya tersebut tidak cukup dan masalah terus terjadi.

    Baca juga: Tesla Murah Segera Diproduksi

    Setelah diselidiki, kerusakan tersebut ternyata berasal dari bagian unit control media (MCU) milik Tesla. Menariknya, di masa lampau tesla ternyata pernah menyatakan kepada NHTSA bahwa semua unit MCU pada bagian layar pasti akan mulai kehilangan fungsi secara bertahap, dan kegagalan fungsi sepenuhnya diprediksi terjadi di tahun 2028.

    Mengutip Mashable, Jumat (15/01), NHTSA dalam pernyataannya menjelaskan kalau sudah mengirimkan surat ke Tesla pada tanggal 13 Januari untuk melakukan tindakan karena bagian MCU pada layar ternyata kehilangan fungsi sebelum waktunya.