home ×
Auto

Jakarta Tidak Lagi Masuk 10 Kota Termacet di Dunia

19 January 2021 By
 Jakarta Tidak Lagi Masuk 10 Kota Termacet di Dunia
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id - Jakarta tak lagi masuk ke dalam daftar 10 besar kota termacet di dunia versi TomTom. Tahun 2019, ibu kota Indonesia ini masuk di posisi ketujuh dengan index 53 persen. Posisinya terus menurun di tahun 2020, dengan index 36 persen.

Berdasarkan data TomTom Traffic Index, Jakarta kini berada di urutan ke 31 dari 416 kota besar di 57 negara.

Secara keseluruhan, Indeks Lalu Lintas TomTom tahunan menemukan kemacetan lalu lintas dunia menurun sebesar 19 persen pada tahun 2020. Demikian yang dikutip dari Geospatialworld, Selasa (19/1).

Baca juga: Cara Mencegah Mobil Rem Blong

Skenario kemacetan lalu lintas dalam beberapa tahun terakhir memang mengerikan, namun pada tahun 2020 pergerakan lalu lintas berubah drastis karena pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah di seluruh dunia.

Menurut TomTom Traffic Index, sekitar 400 kota di seluruh dunia menyumbang rata-rata 21 persen penurunan kemacetan lalu lintas pada tahun 2020.

Data kemacetan lalu lintas ini merupakan indikator nyata dari penurunan pergerakan masyarakat, aktivitas ekonomi dan perdagangan global sepanjang tahun.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

Indeks tersebut menempatkan Moskow, Rusia sebagai kota yang paling padat (54 persen), Mumbai, India (53 persen), di urutan kedua dan Bogota di Kolombia (53 persen) sebagai yang ketiga.

TomTom menggunakan analisis Geomarketing atau GIS, data lokasinya membantu pembuat kebijakan dan bisnis membuat keputusan yang tepat melalui cakupan peta global.

Persentase tingkat kemacetan sebuah kota dihitung melalui perjalanan waktu ekstra yang dialami seorang pengemudi dibandingkan dengan situasi yang tidak padat.

VIDEO First Drive Nissan Magnite, Crossover Mungil Bermesin 1.000cc Turbo:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article