icon-category Auto

Mau Mobil Irit bahan bakar, Coba Pakai Cara Porting Polish

  • 21 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :

    Honda Mobilio di bengkel TM Speed (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Istilah Porting polish bagi kalangan modifikator kendaraan beraliran Naturally Aspirated (N/A) memang sudah gak asing lagi.

    Porting polish selain harganya terjangkau, tetap bisa bikin performa mobil terasa enteng ketika di gas. Keuntungan lainnya konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

    Bengkel TM Speed yang berada di kawasan Mampang, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, sengaja disambangi Uzone.id untuk bertanya-tanya soal penanganan porting polish yang dipercaya bikin bikin performa mobil lebih baik.

    Baca Juga: Tips Merawat Cat Mobil Biar Gak Cepat Kusam

    "Kalau yang namanya porting polish itu kan kita ngalusin ya kan. Jadi jalur udara itu gak ada hambatan, lebih gede. Nah, dia bisa irit kenapa? Karena udaranya maksimal," kata Teguh pemilik TM Speed.

    Menurut pria yang pernah bekerja di bengkel resmi mobil Honda selama 10 tahun ini, tetap saja ECU yang memerintahkan asupan ke ruang bakar agar maksimal.

    Namun, pria yang juga berprofesi pembalap ini menegaskan kalau perlakuan porting polish pada mobil cuma salah satu saja yang bisa membantu bahan bakar menjadi irit.

    Baca juga: Tesla Kemahalan, Harga New Hyundai Ioniq di Indonesia Cuma Segini

    "Kenapa? karena si pembakaran, si ruang udaranya juga lebih optimal masuknya, intinya kalau pembakaran sempurna, terus kondisi yang lain-lain sempurna, pemasukan udaranya juga lebih bagus, bensinya lebih bagus," tutur dia.

    Kalau pembakaran sempurna dan mobil enak dikemudikan, Teguh bisa berasumsi mobil tersebut irit. Sebaliknya, kalau mobil tidak enak ketika dikemudikan, dipastikan bahan bakarnya boros.

    Di bengkelnya, Teguh lebih banyak orderan menangani mesin Honda berkode L12 yang dipakai Brio, L13 yang dipakai Brio, dan L15 yang dipakai Mobilio, Jazz, Freed, BRV dan HRV.

    Nah, untuk soal harga jasa porting polish, Teguh biasanya mematok harga Rp 2,5 juta untuk komunitas mobil.

    Harga segitu tak cuma porting polish saja yang ditangin. "Harus papas headnya, kompresi, banyak yang harus dimain-mainan yang lainnya," kata dia. "Kalau main racing gitu, nggak porting (terus) sudah, enggak cukup. Kalau namanya racing gak ada puasnya. Kalau ditanya racing ini, lo punya duit berapa, sampai titik puasnya di mana?."

    VIDEO Lima Pertimbangan Sebelum Beli New Hyundai Tucson 2020

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : modifikasi Irit 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini