Peran Telkom Menumbuhkan Industri Game di Indonesia - Uzone
home ×
Telco

Peran Telkom Menumbuhkan Industri Game di Indonesia

21 May 2020 By
Peran Telkom Menumbuhkan Industri Game di Indonesia
Share
Share
Share

Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Digital Business Telkom Group (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Lokapala, game esports pertama dari Indonesia bergenre Multi Player Battle Arena (MOBA) dari Anantarupa Studios, telah resmi rilis di Indonesia. Di balik kehadiran Lokapala, ada dukungan PT Telkom Indonesia (Telkom) melalui anak perusahaannya, Melon Indonesia.

Dukungan tersebut tak lepas dari transformasi Telkom dari telco company menjadi digital telco company. Ya! Dalam Live Streaming Grand Launching Lokapala pada Rabu (20/5), Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Digital Business Telkom Group, menyatakan bahwa Telkom sudah bertransformasi dari telco company menjadi digital telco company.

Baca juga: Alasan Melon Indonesia Kepincut Jadi Publisher Game Lokapala

Dengan demikian, Telkom fokus memasuki ranah digital platform dan digital services. Untuk digital platform, Telkom menyediakan layanan berupa cloud services, Content Delivery Network (CDN), Artificial Intelligence (AI), big data analytics, security services, Internet of Things (IoT) platform, dan seterusnya.

“Sedangkan di digital services, kita akan masuk ke enterprise services and personal services. Nah, personal digital services antara lain adalah game,” ujar Faizal.

Live Streaming Grand Launching Lokapala pada Rabu (20/5). (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Telkom melalui Melon Indonesia akan memberikan dukungan infrastruktur dan bisnis. Untuk infrastruktur, Telkom memiliki data centerprivate cloud services, dan lainnya—serta bisnis, mengingat ada sekitar 170 juta pengguna Telkomsel dan 7 juta pelanggan IndiHome.

Baca juga: Lokapala, Game MOBA Karya Anak Bangsa Sudah Resmi Rilis

Faizal menegaskan, “Jadi kalau ditotal, hampir 180 juta addressable market yang nantinya bisa menggunakan Lokapala, dan karena ini berbasis mobile mungkin 170 juta, tetapi tidak menutup kemungkinan Lokapala nanti juga akan bisa masuk ke platform IPTV (Internet Protocol Television) kita, sehingga bisa digunakan juga oleh pemilik IndiHome.”

Selain memberikan dukungan infrastruktur dan bisnis, Telkom juga menghadirkan wadah inkubasi untuk para pengembang game di Tanah Air. Tentu, hal ini guna mendukung pertumbuhan game-game lokal.

“Dan yang terakhir tentu punya inkubasi untuk gamers, jadi kita sudah mulai masuk bersama yang tertarik untuk develop game, tertarik untuk mengembangkan game, kita fasilitasi dengan kita punya inkubasi untuk game developer lokal untuk menumbuhkan game-game lokal,” ujar Faizal.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Pradana 27 May 2020 | 05:33:22

memang harus mengikuti perkembangan jaman agar selalu eksis

Latipcnk Ngembul Kidul 21 May 2020 | 14:33:37

menurut saya itu sangat bagus

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article