home ×
Telco

Survei Kualitas Internet Indonesia Desember 2020 Versi OpenSignal: Telkomsel Juara!

21 January 2021 By
 Survei Kualitas Internet Indonesia Desember 2020 Versi OpenSignal: Telkomsel Juara!
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Telkomsel)

Uzone.id - Telkomsel mendominasi penghargaan dari studi tentang pengalaman internet mobile di Indonesia selama Bulan Desember 2020 menurut laporan OpenSignal.

Operator ini berhasil menggungguli kompetitornya di untuk kategori Pengalaman Video, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Cakupan 4G.

Baca juga: Peringkat Indonesia Soal Kualitas Video Call Group

Dominasi Telkomsel ini sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan laporan OpenSignal pada Bulan Juli 2020. Namun satu-satunya perbedaan sejak laporan terakhir itu adalah bahwa 3 Hutchinson telah melompat ke posisi terdepan dalam Pengalaman Aplikasi Suara.

Bahkan 3 Hutchinson sukses merengkuh posisi terbaik dalam kategori pengalaman bermain game.

“Sementara itu, operator khusus 4G, Smartfren, juga telah membuat beberapa kemajuan, tetapi ini belum cukup untuk memungkinkannya mengejar rekan-rekannya, terutama pada metrik kecepatan kami,” tulis pihak OpenSignal, seperti dikutip melalui blog resminya, Kamis (21/1).

Survei OpenSignal soal Download

 



Skor Pengalaman Kecepatan Download dan Kecepatan Upload Smartfren tetap lebih rendah daripada skor Kecepatan Download 3G dan Kecepatan Upload 3G Telkomsel.

“Meskipun demikian, pengguna kami di Indonesia terus melihat peningkatan dalam pengalaman seluler mereka di sebagian besar jaringan nasional,” tambah mereka.

Studi OpenSignal ini dilakukan dengan metodologi berupa menganalisis pengalaman jaringan seluler Indonesia di lima jaringan nasional - Indosat, XL, Smartfren, Telkomsel dan 3 - selama 90 hari, mulai 1 Agustus 2020, baik secara nasional maupun di 28 kota terbesar di Indonesia.

Berikut hasil laporan dan studi yang dilakukan oleh OpenSignal terhadap 5 operator di tanah air untuk menguji pengalaman jaringan mobile di Indonesia.


Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Wendymp 24 January 2021 | 02:52:31

kota kota kecil tidak masuk hitungan ternyata

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article