home ×
Digilife

OpenSignal: Jepang Punya Pengalaman Video Call Terbaik Sepanjang Pandemi

20 January 2021 By
OpenSignal: Jepang Punya Pengalaman Video Call Terbaik Sepanjang Pandemi
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Perusahaan mobile analitik Opensignal telah melakukan studi untuk mengukur pengalaman group video call pada perangkat seluler di tahun 2020. Mereka menilai bahwa komunikasi via video telah menjadi peran utama dalam menjaga hubungan antar sesama di tengah pandemi Covid-19.

Laporan bertajuk Quantifying The Mobile Experience of Group Video Calls itu mengukur group video call pada perangkat seluler di 75 negara dengan skala penilaian dari 0 sampai 100 poin.

Semakin tinggi poin berarti semua peserta mendapatkan pengalaman yang baik pada group video call tersebut. Hasilnya, Jepang, Belanda, dan Korea Selatan menduduki peringkat teratas dengan pengalaman group call group terbaik.

Baca juga: 2021, Pengeluaran untuk Keamanan Siber Naik 10 Persen, Capai Rp846 Triliun

Dengan kata lain, dari semua smartphone pengguna yang berpartisipasi dalam group call video, antara dua dan delapan orang memiliki pengalaman group call video yang memadai dari berbagai sisi, mulai dari kualitas video sampai audio.

Sementara itu, sejumlah negara di Eropa menduduki 12 dari 20 negara peringkat atas, namun tidak termasuk di lima besar. Negara-negara tersebut, yaitu Perancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Britania Raya. Sebaliknya, Rusia adalah satu-satunya negara Eropa yang berada dalam 20 negara peringkat terakhir.

Selain Eropa, sebagian besar negara yang masuk dalam 20 negara peringkat teratas berasal dari wilayah Asia Pasifik, yaitu Australia, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan dan Taiwan.

Baca juga: Tren Belanja Online dengan “Paylater” Diprediksi Naik di 2021

Pada negara yang sudah punya teknologi 5G termaju seperti Australia, Amerika Serikat dan Australia, nilai pengalaman group video call pada jaringan 5G lebih tinggi 42,3 persen daripada jaringan 4G.

Lantas, ada di mana posisi Indonesi? Dari hasil studi Opensignal, Indonesia berada di tengah dengan nilai 24,5 dari 100 poin, dan menduduki peringkat ke-57 dari 75 negara yang dinilai.

VIDEO: Oppo Reno5 Review, Plus Minus Sebelum Dibeli

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id