home ×
Auto

Test Drive Kia Seltos, Suka Nyetir Pasti Ketagihan

01 July 2020 By
 Test Drive Kia Seltos, Suka Nyetir Pasti Ketagihan
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kesenangan berkendara sejatinya gak cuma ditawarkan mobil-mobil sedan dan sport aja, karena sekarang, mulai banyak SUV kompak yang juga ternyata enak banget buat disetirin.

Apalagi kalau kalian mengaku suka nyetir dan selalu berhasrat untuk nemuin dan nyetirin mobil yang fun to drive, barangkali, mungkin, siapa tau, jawabannya ada pada sosok Kia Seltos.

Ketika drama Korea begitu disukai cewek-cewek Indonesia, seharusnya Kia Seltos juga disukai cowok-cowok Indonesia, apalagi kalau niatnya mau pedekate sama cewek penyuka drama Korea, pas banget.

Baca juga: Test Drive Toyota Agya Facelift

Tapi sebelum bertele-tele, mari kita simak hasil pengetesan Kia Seltos yang kami lakukan selama sekitar satu minggu ini. Bagaimana rasanya?

 

Desain sudah Eropa banget

Sebelum kita jalan, ayo perhatiin soal tampilannya dulu. Secara tampang, Kia tuh sekarang udah Eropa banget. Mereka jadi sangat memperhatikan detail desain di mobil-mobil barunya.

Mulai dari wajahnya, dengan grill unik beraksen berlian namun tetap mencirikan desain Tiger Noose khas Kia. Kemudian lampunya model taring bertingakt dan detail foglamp yang keren.

Bagian samping, pilar A dibuat lancip, atap belakang melandai dan juga aksen krom di pilar D dan lampu belakang yang dibuat terintegrasi sama aksen krom yang keren.

Oiya, satu detail lagi, di bagian sisi kanan kiri belakang, ada desain lekukan yang keliatan kayak penyok, tapi malah bikin tampilannya keren dan detail.

Sementara di dalam kabin, paling mencolok dan out of box adalah gimana Kia menempatkan cover panjang di atas dasbor yang menghubungkan antara layar headunit dan MID.

 

Fitur lumayan lengkap

Untuk SUV yang sebenernya masuk kelas bawah, secara fitur Kia Seltos lumayan lengkap dikelasnya.

Di luaran misalnya, ada lampu full LED dan sudah auto, juga spion lipat elektrik, sensor parkir dan kamera parkir. Belum lagi atapnya sudah ada sunroof.

Kemudian di interior lebih banyak lagi. Headunit sudah bisa Android Auto dan Apple CarPlay. Terus, ada wireless fast charging. Keyless entry, start/stop engine, bahkan udah jadi standar.

Cruise control juga ada. Lalu ada mode berkendara dengan pilihan sampai 6 mode, mulai dari Normal, Sport, Eco, Snow, Mud, Sand, dan Snow.

Fitur keselamatan juga lumayan, airbagnya ada 6, rem pasti ABS dan EBD serta hill start assist. Cuma sayang nih, pengaturan kursi belum elektrik, rem parkir juga masih tuas.

 

Performa mesin dan transmisi yang gokil

Nah bagian ini jadi yang paling menarik, sebab Kia Seltos tuh seolah diciptakan untuk orang-orang yang demen nyetir sendiri dan suka yang fun to drive.

Perpaduan antara performa mesin dan transmisinya gokil. Seltos emang cukup pakai mesin kecil, 1.400cc, kapasitas yang sama degan mesinnya Kia Rio.

Tapi dengan teknologi injeksi langsung yang diperkuat juga dengan turbo, maka tenaga 142 Hp dan torsinya 242 Nm ngebuat mobil ini jadi bertenaga.

Apalagi ditambah dengan sodoran transmisi otomatis 7 speed DCT alias kopling ganda. Ini nih yang seru, transmisinya beringas, pindah giginya cepet, dan bisa meminimalisir turbo-lag di mesin kecil ini.

Hasilnya adalah, sebuah mobil yang fun to drive banget. Pedal gasnya sensitif, tenaganya meledak-ledak sejak dari putaran bawah. Dan raungan mesin seolah jadi hal yang biasa, seru banget..

Sementara handlingnya, sebenernya biasa aja. Pas lah, gak kurang dan gak istimewa juga. Redaman suspensinya cukup, meski kalau di jalan rusak, masih terasa guncangannya.

Sayang, ada sedikit feeling kurang enak dari putaran setirnya yang aneh putarannya. Tapi kalau sudah biasa, kayaknya rasa setir yang gak ada feedback dengan permukaan jalan ini jadi gak masalah.

 

Kesimpulan

Kia membanderol Seltos dengan harga termurah Rp 295 jutaan dan paling mahal Rp 355 jutaan. Sebuah harga yang mirip-mirip dengan SUV kompak pabrikan Jepang yang udah mainstream seperti Honda HR-V.

Dengan begitu, mobil Korea yang dibuat di India, punya rasa Eropa dan harga China ini, punya perpaduan seimbang antara tampilan keren, fitur lengkap, fun to drive dan harga yang kompetitif.

Buat alternatif dan kalau kalian gak peduli merek, ini adalah sebuah SUV yang sangat asik buat disetirin sehari-hari.

VIDEO Test Drive Kia Seltos:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 01 July 2020 | 18:34:25

masa suka nyetir bisa bikin ketagihan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article