home ×
Auto

Yamaha RX King Bangkit dari Kematian dengan Mesin R15

08 October 2021 By
   Yamaha RX King Bangkit dari Kematian dengan Mesin R15
Share
Share
Share
Share

Yamaha RX 155 (Foto: Pratyush Rout)

Uzone.id - Yamaha RX King dengan mesin 2-tak sempat dijual di pasar Indonesia mulai tahun 1983 hingga terakhir 2008.

Motor yang melekat dengan julukan 'motor jambret' atau 'motor maling', karena akselerasi dan kecepatannya digemari pelaku kejahatan, akhirnya disuntik mati karena tidak mampu memenuhi batas emisi yang ditetapkan pemerintah Indonesia saat itu.

Namun, baru-baru ini muncul render Yamaha dengan model mirip RX King yang dijual di Indonesia karya seniman otomotif Pratyush Rout.

BACA JUGA: MG Resmikan Diler di Manado, Tersedia Model Tercanggih MG HS i-SMART

Motor tersebut diberi nama Yamaha RX 155 (mesin 4-tak) yang dulu pernah dijual di India periode 1985-2005 dengan mesin 2-tak. Yamaha RX saat itu juga dihentikan karena aturan emisi yang ketat.

Desain render memang terlihat mirip Yamaha RX, namun memakai mesin motor sport Yamaha R15. Untuk mesin, spatbor, suspensi, tangki bahan bakar, panel samping dan pelek diberi warna hitam.

Berdasarkan mesin Yamaha R155 yang sudah di-upgrade, yakni Yamaha R15 V4 telah membawa fitur Quick Shifter yang memungkinkan perpindahan gigi tanpa kopling, kemudian ada Traction Control System yang memungkinkan mengurangi risiko perputaran roda yang berlebihan.

BACA JUGA: Kenapa Keberadaan Mazda CX-8 Lebih Langka dari CX-9?

Mesin R15 V4 memiliki tenaga 18,4 ps pada 10.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 7.500 rpm dengan dipasangkan transmisi 6-percepatan.

Juga terdapat fitur slipper clucth yang bisa mengurangi kelelahan berkendara dan menghindari pengereman mesin yang berlebihan. Fitur lainnya adalah variable valves actuation (VVA) yang memastikan pengiriman torsi yang cukup bahkan pada RPM rendah.

RX 155 juga bisa dilengkapi fitur Y-Connect yang bisa mengakses berbagai fitur lokasi parkir terakhir, pelacak konsumsi bahan bakar, pemberitahuan kerusakan, dan rekomendasi perawatan. (Rushlane)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id