home ×
Gadget

1,5 Miliar Konsol Game di Dunia, Siapa Paling Banyak Terjual?

27 May 2020 By
1,5 Miliar Konsol Game di Dunia, Siapa Paling Banyak Terjual?
Share
Share
Share

 Uzone.id - Game konsol telah menjadi komoditas yang berpuluh-puluh tahun lamanya, bahkan sejak komputer pertama muncul. Namun sampai saat ini, belum ada data yang benar-benar menginformasikan berapa banyak jumlah total game konsol di dunia.

Baru-baru ini, sebuah studi dilakukan oleh Learnbonds untuk mencari tahu peta persebaran game konsol di dunia. Ternyata, dalam data tersebut diketahui ada sekitar 1,5 miliar konsol game yang telah terjual sampai sejauh ini. Lalu mana yang paling banyak digunakan oleh konsumen?

"Data kami menunjukkan, dari 1,56 miliar konsol game yang terjual ke seluruh dunia sampai saat ini, PlayStation 2 merupakan yang paling banyak digunakan dengan market share terbesar, sekira 10,07 persen," tulis laporan tersebut, seperti dikutip dari Betanews.com, Rabu, 27 Mei 2020.

Baca juga: Tidak Pakai Zoom, Meeting Online Pakai Game Online Seru Juga

Dari angka tersebut, posisi kedua dan ketiga didominasi oleh konsol game buatan Nintendo, yakni DS dan Game Boy. DS berasa di posisi kedua, sedangkan Game Boy di posisi ketiga.

Sedangkan di posisi ke empat adalah PlayStation 4 (PS4). Sedangkan konsol game dari Microsoft yang dikabarkan paling laku terjual di antara konsol game lainnya buatan perusahaan Bill Gates, Xbox 360, berada di posisi 8.

""Sejak rilis tahun 2000, konsol PS2 telah terjual sampai 157,68 juta unit. Nintendo DS berada di posisi kedua dengan jumlah penjualan 154,9 juta unit di seluruh dunia, diikuti oleh Game Boy sebanyak 118,69 juta unit," tulis laporan tersebut.

Baca juga: Review Singkat Lokapala, Game MOBA Karya Anak Bangsa

Dijelaskan lebih lanjut, jumlah penjualan PlayStation 2 memang telah mengalahkan pamor dari konsol yang diklaim lebih popular, yakni PlayStation 4. PS4 dikabarkan hanya mampu terjual sebanyak 109,86 juta unit secara global.

Di posisi ke-5 ternyata ditempati oleh PlayStation edisi pertama, yang terjual sampai 102,5 juta unit. Sedangkan konsol Wii menempati posisi ke-6 dengan jumlah penjualan 101,64 juta unit di seluruh dunia.

Rupanya, masih menurut laporan Learnbonds, Eropa merupakan pasar yang cukup besar bagi Sony. Sampai hari ini, PlayStation 2 telah terjual sampai 55,28 juta unit di Eropa. Angka ini diikuti dengan penjualan PS2 di Amerika Utara yang sebanyak 53,64 juta unit.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Haifa raghib fillah al bana 29 May 2020 | 20:49:07

bagus tapi Aku gak punya uang

Begok Mbalelo 27 May 2020 | 17:28:23

bang gue main ff tidak punya pulsa

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id