icon-category Digilife

1 Dekade Google Indonesia! Yuk, Kenang 10 Momen Ini

  • 30 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    (Foto: Mitchell Luo / Unsplash)

    Uzone.id -  Selamat ulang tahun untuk Google Indonesia! Yup, Google Indonesia sudah genap berusia 10 tahun sejak kehadirannya pada 2012 silam.

    Dalam memperingati ulang tahun ke-10, Google ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengenang kembali perjalanannya sejauh ini.

    Berikut 10 momen terbaik Google Indonesia dari satu dekade terakhir:

    1. Membangun fitur produk untuk orang Indonesia

    Selama bertahun-tahun, banyak produk dan fitur Google dikembangkan dengan mengutamakan orang Indonesia.

    Misalnya, seperti mode sepeda motor di Google Maps yang membantu pengendara sepeda motor di Indonesia menemukan rute khusus motor.

    Google juga telah melokalkan beragam fitur untuk membuatnya bermanfaat bagi lebih banyak masyarakat setempat, termasuk memasukkan beberapa dari ratusan bahasa daerah di Indonesia ke dalam Google Terjemahan seperti bahasa Jawa — bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan 83 juta penutur asli.

    2. Melatih 2 juta orang Indonesia dengan keterampilan digital

    Dengan makin berkembang pesatnya penggunaan internet di Indonesia, Google memprioritaskan upaya dalam membantu memastikan para pengusaha baru, bisnis, dan individu mendapatkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan.

    Bahkan sebelum Goolge membuka kantor, mereka telah meluncurkan sejumlah program bersama mitra lokal, seperti program Bisnis Lokal Go Online pada 2012, untuk membantu UKM menghadirkan bisnisnya di internet.

    Google juga telah meluncurkan program-program seperti Gapura Digital dan Women Will, yang secara kolektif telah melatih lebih dari 2 juta orang Indonesia, dan sejauh ini lebih dari 800.000 di antaranya berhasil menjadi pengusaha wanita.

    3. Mendukung lebih dari 200.000 developer seluler di Indonesia

    Developer game asal Bandung, Own Games ID, yang juga penggemar tahu bulat, adalah pencipta game dengan nama yang sama.

    Game Tahu Bulat berhasil menduduki peringkat atas di Play Store dan hingga saat ini telah di-download lebih dari 10 juta kali.

    BACA JUGA: FOTO: Desain Realme Narzo 50 Terinspirasi Mobil Balap

    Game-game populer dan aplikasi edukasi yang berasal dari Indonesia telah menginspirasi Google. Google pun bangga telah melatih lebih dari 200.000 developer sejak 2016.

    Google terus mencari cara untuk membimbing banyak perusahaan startup dan membina komunitas developer melalui program-program seperti Google for Startups, guna membantu menumbuhkan ekonomi digital terbesar di Indonesia.

    4. Menghadirkan Borobudur ke mata dunia melalui Street View

    Tujuh tahun lalu, petugas Street View Google memanggul trekker dan menyusuri candi Borobudur di Magelang, yang merupakan candi Buddha terbesar dan tertua di dunia, untuk mengambil gambar 360 derajat dari kompleks candi seluas 2.500 meter persegi ini.

    Dari ketinggian candi Borobudur hingga kedalaman Raja Ampat, semua orang di dunia dapat menjelajahi dan menikmati objek wisata dan keindahan alam Indonesia — semuanya hanya dengan sekali klik, di mana pun mereka berada.

    5. Melindungi samudra kita dengan teknologi

    Indonesia adalah rumah bagi beberapa keajaiban alam terindah di dunia. Namun, masih ada banyak hal yang perlu kita lakukan untuk melindungi warisan alam kita bagi generasi mendatang.

    Google telah melihat organisasi-organisasi inovatif seperti Gringgo Foundation, yang didukung oleh pendanaan dari Google.org, mengembangkan alat untuk mengatasi polusi limbah plastik.

    Google juga bekerja sama dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang memanfaatkan teknologi Global Fishing Watch dari Google Earth untuk mengatasi penangkapan ikan ilegal di perairan berdaulat.

    6. Merayakan kekayaan sejarah dan budaya Indonesia di platform Google

    Google meluncurkan Doodle Indonesia pertama pada 2012 untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-67.

    Sejak saat itu, Google Doodle telah menyoroti berbagai momen penting lokal dan merayakan tokoh-tokoh bersejarah Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara dan Roehana Koeddoes.

    Selain Doodle, kami juga ingin memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. Momen favorit saya adalah ketika kami memperkenalkan tradisi batik dan rempah-rempah Indonesia melalui Google Arts and Culture.

    7. Memberdayakan generasi berikutnya

    Google percaya setiap orang Indonesia harus bisa mendapatkan peluang untuk mengikuti pendidikan serta pelatihan digital, dan kami menawarkan pelatihan yang disesuaikan dengan tingkat keterampilan serta tujuan masyarakat.

    Tahun 2021, Google memperkenalkan program Google Career Certificates bagi mereka yang ingin mendapatkan pelatihan kemampuan siap kerja.

    Google juga memperkenalkan Bangkit - program pelatihan intensif selama enam bulan yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi lokal dan universitas terkemuka - untuk membekali lebih banyak orang Indonesia dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri teknologi.

    Program Bangkit yang kini memasuki tahun ketiganya, telah melatih hampir 2.500 orang seperti Syifa Nur Aini yang berhasil menjadi manajer IT setelah menyelesaikan program tersebut.

    Google berharap dapat meluluskan 3.000 siswa lagi pada akhir tahun ini.

    8. Mendukung jurnalisme dan industri berita

    Google bekerja sama dengan penerbit berita di Indonesia baik besar maupun kecil, dengan menyediakan alat, teknologi, dan program untuk membantu memastikan setiap orang dapat mengakses informasi berkualitas.

    Google telah bermitra dengan penerbit berita untuk membantu membangun model bisnis mereka, memberdayakan ruang redaksi melalui teknologi, serta mempelajari alat dan keterampilan liputan terbaru.

    BACA JUGA: Tips Ngabuburit Berfaedah di Spotify: Bikin Playlist Edisi Ramadan

    Sejak 2019, Google telah melatih lebih dari 23.000 jurnalis lokal, termasuk mengadakan workshop mendalam tentang jurnalisme data dan pengecekan fakta, sekaligus mendanai upaya pengecekan fakta yang dilakukan oleh jaringan Cek Fakta.

    9. Menjangkau lebih dari 100 juta orang di YouTube setiap bulannya

    Sejak YouTube diluncurkan di Indonesia pada 2012, Google telah melihat pencapaian yang luar biasa di Indonesia.

    Satu hal yang pasti, Indonesia penuh dengan individu-individu berbakat yang menunggu untuk ditemukan.

    Kreator Indonesia terus mendefinisikan ulang makna menjadi seorang artis, entertainer, dan influencer.

    Contohnya Weird Genius - sebuah band lokal, yang berkolaborasi dengan musisi-musisi terkenal di seluruh dunia dan berbagi musik mereka dengan penonton di Indonesia dan dunia melalui YouTube.

    Bagi sebagian penonton, kreator YouTube membuat mereka merasa menjadi bagian dari sebuah komunitas besar. Bagi penonton yang lain, YouTube memungkinkan mereka untuk mendalami passion-nya dan mempelajari keterampilan baru.

    Saat ini, YouTube menjangkau lebih dari 100 juta orang setiap bulan hanya di Indonesia saja, dan jumlahnya terus bertambah.

    10. Dukungan orang-orang hebat: Puluhan Googler berkarya membantu Indonesia saat ini

    Google bangga melihat bagaimana kantornya berkembang dari hanya empat karyawan menjadi puluhan Googler yang mengerjakan berbagai macam project berdampak besar di Indonesia saat ini.

    Bersama dengan orang-orang, komunitas, dan bisnis yang kami dukung, Google telah mencapai banyak hal selama 10 tahun terakhir.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini