icon-category Gadget

10 Smartphone Xiaomi yang Kebagian Update MIUI 14 Global

Uzone.id - MIUI 14 diluncurkan pertama kali di China, bersamaan dengan rilisnya Xiaomi 13 Series pada pertengahan Desember tahun lalu. Kurang lebih sebulan setelahnya, Xiaomi pun bakal menggulirkan update ke MIUI 14 berbasis Android 13 secara global, terus smartphone apa saja yang kebagian?

Mengutip dari Xiaomiui, update ke MIUI 14 versi global akan diluncurkan ke berbagai smartphone dari Xiaomi, Redmi, dan Poco dalam beberapa minggu mendatang. 

Setidaknya ada 10 smartphone yang dapat update ke MIUI 14 ini, diketahui dari build OS versi stabil pada suksesor MIUI 13 ini. 

Sama halnya dengan pasar China, update MIUI 14 versi global akan dirilis bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 13 Series untuk pasar global. 

Belum diketahui kapan pastinya MIUI 14 dan Xiaomi 13 Series meluncur secara global, tapi Xiaomi sudah menyebarkan undangan untuk mengunjungi booth-nya di Mobile World Congress atau MWC 2023 pada 27 Februari sampai 2 Maret 2023 mendatang.

Baca juga: Bocoran Xiaomi Indonesia Soal Redmi Note 12, Kapan Dirilis?

Bisa saja, Xiaomi akan mengumumkan MIUI 14 dan Xiaomi 13 Series secara global pada rentang tanggal tersebut. 

Terkait 10 smartphone pertama Xiaomi, Redmi, dan Poco yang akan mendapatkan update ke MIUI 14 global berbasis Android 13, berikut daftar lengkapnya:

  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12
  • Xiaomi 12T
  • Xiaomi 12 Lite
  • Xiaomi 11 Lite 5G NE
  • Xiaomi 11 Lite 5G
  • Redmi Note 11 Pro+ 5G
  • Poco F4 GT
  • Poco F4
  • Poco F3

Jangan khawatir apalagi sedih kalau smartphone kalian gak ada dalam daftar. Ke depan, bakal lebih banyak smartphone Xiaomi, Redmi, dan Poco yang akan mendapatkan update ke MIUI 14 secara bertahap.

Keunggulan MIUI 14

MIUI terbaru berbasis Android 13 ini sudah dioptimalkan daripada generasi sebelumnya. Xiaomi telah merancang ulang arsitektur pada sistem Android Kernel pada level CPU, GPU dan sumber daya memori, dengan tujuan agar sistem firmware dan penggunaan memorinya jauh lebih ringan dari MIUI 13.

Xiaomi mengklaim, MIUi 14 lebih smooth 60 persen dari MIUI 13 yang berjalan pada Xiaomi 12S Ultra. Untuk diketahui, smartphone tersebut ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1, jadi bisa dibayangkan seberapa mulus dan tinggi kinerja dari MIUI 14.

Di MIUI 14, bloatware juga dikurangi. Tersisa 8 aplikasi bawaan saja yang tidak bisa dihapus, dan beberapa aplikasi memang berguna untuk pemakaian harian. Juga, terdapat sistem optimasi khusus yang dapat mengkompresi aplikasi yang tidak digunakan agar tidak membebani ponsel.

Baca juga: Fitur Baru di MIUI 14, Bisa Main Tamagotchi Lho!

Soal fitur, MIUI 14 sekarang memiliki bentuk ikon dan widget yang lebih menarik. Folder aplikasi misalnya, sekarang dapat disesuaikan ukuran dan bentuknya, juga kebebasan bagi pengguna untuk mengatur ukuran ikon tiap aplikasi.

Yang menarik, ada widget seperti Tamagotchi yang memungkinkan pengguna menaruh bunga atau hewan peliharaan di layar utama smartphone. Pengguna pun bisa melakukan interaksi, layaknya karakter di Tamagotchi.

Beberapa fitur berbasis artificial intelligence (AI) juga ada di MIUI 14, seperti fitur untuk ekstraksi teks dari gambar di galeri dan dukungan teks langsung saat pengguna melakukan video konferensi.

Tak lupa, fitur keamanan dengan sistem enkripsi end-to-end yang berlapis untuk melindungi data-data penting pengguna, termasuk data pribadi mereka.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini