home ×
Digilife

11 Aplikasi Absen Karyawan Berbasis Web Terbaik

21 July 2021 By
11 Aplikasi Absen Karyawan Berbasis Web Terbaik
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id - Jika Anda adalah orang yang berkecimpung di dunia HR, pasti Anda sangat paham bahwa karyawan merupakan aset yang penting bagi sebuah perusahaan.

Perusahaan perlu menjaga karyawan agar karyawan nyaman bekerja. Begitu pula karyawan yang juga bertanggung jawab atas pekerjaannya yakni membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Saat ini ada banyak jenis karyawan di sebuah perusahaan, apalagi untuk perusahaan yang sudah berskala besar, sehingga membutuhkan banyak karyawan untuk menunjang operasionalnya.

Dan salah satu yang paling krusial yang berkaitan antara karyawan dan perusahaan adalah masalah absensi.

Meski perusahaan sudah memberikan sistem absensi yang digunakannya, namun masih banyak karyawan dengan kedisiplinan yang buruk.

Baca juga: Cara Berkurban via e-Commerce

Di satu sisi, absensi menjadi acuan yang digunakan, karena di absensi bisa terlihat jam datang dan jam pulang karyawan tersebut.

Sekarang ini perusahaan menggunakan metode absensi konvensional yaitu menggunakan mesin check log, fingerprint, hingga aplikasi absen karyawan berbasis online.

Saat ini aplikasi absensi karyawan ini juga sudah banyak yang bisa digunakan. Mulai dari yang berbayar hingga gratis. Beberapa diantaranya bahkan sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala Internasional.

Pada artikel ini, kami akan membahas 11 aplikasi absensi online berbasis web terbaik yang bisa Anda coba terapkan pada perusahaan Anda.

Talenta by Mekari

Talenta by Mekari merupakan aplikasi HR online sekaligus aplikasi absen karyawan terbaik dalam mempermudah pengelolaan data karyawan. Fitur-fitur unggulan yang ada pada aplikasi ini sangat beragam dan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Hadirnya aplikasi HR online saat ini sudah sangat umum digunakan perusahaan pada era digital saat ini. Sehingga hadirnya aplikasi HR Talenta by Mekari ini sangat membantu kerja tim Human Resources (HR) terkait pengelolaan sumber daya manusia.

Talenta by Mekari dapat membantu kerja HR dalam mengintegrasikan pengelolaan data karyawan serta administrasi lainnya. Serta karyawan juga akan terbantu dengan kemudahan menggunakan aplikasi Talenta by Mekari ini. Kelola payroll dan absensi karyawan lebih mudah dengan Talenta by Mekari.

Time Clock Wizard

Yang pertama ini ada di daftar aplikasi absensi karyawan terbaik adalah Time Clock Wizard. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang di rilis di New York, Amerika Serikat. Sehingga fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini terhitung lengkap. Mulai dari jam kerja karyawan, penggantian jadwal, sampai di aplikasi ini juga terdapat fitur penggajian.

Baca juga: Awas Jebakan Aplikasi Oxymeter

Dengan fitur ini, HR Perusahaan akan lebih mudah dalam membuat laporan penggajian karyawan. Dan yang membuat lebih mudahnya lagi, aplikasi Time Clock Wizard tersedia di aplikasi mobile. Jadi, jika Anda menggunakan smartphone berbasis sistem operasi Android, Anda bisa langsung mendownloadnya di Google Playstore. tidak sampai disitu, aplikasi ini juga bisa digunakan berapapun karyawan Anda alias tidak dibatasi.

TimeTrex

Selanjutnya yang kedua ini ada nama TimeTrex. Aplikasi Time Trex ini merupakan aplikasi absensi yang tidak membatasi jumlah karyawan, waktu, dan jumlah pengguna.

Terdapat fitur keren yang membuat aplikasi  ini sangat menarik, yaitu adanya modul khusus untuk penggajian karyawan, perhitungan pajak, penjadwalan karyawan, serta data absensi karyawan yang juga meliputi waktu lembur dan waktu libur.

Aplikasi ini berbasis web, dan akan berjalan maksimal jika Anda menggunakannya di PC atau laptop. TimeTrex sangat kompatibel dengan tiga sistem operasi utama yang ada saat ini, seperti Windows, Mac, dan Linux. Anda juga bisa menggunakannya di smartphone dengan terlebih dahulu mendownload aplikasinya.

PHP Timeclock

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi absensi sederhana, maka Anda bisa menggunakan PHP Timeclock yang menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan Anda. Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2006 masih efektif digunakan. Fitur-fiturnya bisa meringankan tugas HRD untuk melacak waktu kerja, mendata presensi karyawan dan mendata cuti atau izin kerja.

Salah satu fitur unggulan lainnya yaitu reporting. Dengan ini HR dengan mudah menggolongkan karyawan berdasarkan departemen atau divisi yang menaungi setiap karyawannya.

Bukan hanya HRD yang dimudahkan, aplikasi ini juga sangat berguna untuk para karyawan. Dengan PHP Timeclock, karyawan bisa dengan mudah mengetahui durasi kerja mereka, serta kapan waktu untuk masuk dan pulang kantor.

Time Clock MTS

Aplikasi absensi karyawan berbasis web lainnya yang tidak kalah keren adalah Time Clock MTS. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dalam versi berbayar dan gratis. Layanannya ini berkaitan dengan absensi hingga izin atau cuti karyawan

Anda bisa mengatur absensi karyawan dengan menggunakan sejumlah metode yakni dengan webcam. Dalam versi gratis, aplikasi ini bisa memantau tiga orang karyawan, namun untuk lebih dari itu Anda bisa meningkatkannya ke versi berbayar, dengan biaya sekitar 79 Dollar.

CKZ Time Clock

Pada dasarnya, CKZ adalah sebuah aplikasi time tracking yang memiliki kemampuan juga untuk digunakan sebagai tools absensi karyawan.

Sebagai aplikasi, CKZ Time Clock ini memiliki sejumlah fitur yang dapat memonitor karyawan, seperti real time monitoring karyawan, pelaporan penggajian hingga penyimpanan data kehadiran karyawan. Dan seperti halnya Time Clock MTS, aplikasi ini dapat digunakan secara berbayar dan gratis. Untuk versi gratisnya, Anda bisa menggunakan maksimal tiga karyawan.

WiFi Attendance

WiFi Attendance adalah aplikasi absensi karyawan berbasis cloud dengan menggunakan jaringan internet WiFI dalam mendata absensi karyawan. Untuk versi berbayar, perusahaan bisa mengeluarkan budget sekitar 2 dollar per bulan per karyawan. Dan untuk versi gratisnya, aplikasi ini bisa mengelola hingga 10 karyawan.

Aqua Teams

Jika Anda menginginkan aplikasi absensi sederhana lainnya maka Aqua Teams jadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini juga ringan dan fitur-fiturnya dapat memberikan informasi yang rinci berkaitan dengan karyawan. Mulai dari waktu masuk dan pulang kantor, cuti dan izin.

Time Station

Selanjutnya adalah aplikasi berbasis cloud yang bisa HR perusahaan gunakan. Yakni manager HR bisa mendaftarkan perusahaan dengan data karyawan untuk kemudian membuat barcode untuk setiap masing-masing karyawan. Hasil barcodenya nanti bisa digunakan pada aplikasi ketika mereka masuk dan pulang kantor. Dan yang menjadi kelebihan aplikasi Time Station ini adalah digunakan secara offline, dan perangkat akan melakukan sinkronisasi data ketika tersedia jaringan nantinya.

When I Work

Yang kesembilan ini ada When I Work adalah aplikasi simpel yang memudahkan departemen HR untuk mengatur absensi karyawan, gaji karyawan, hingga jadwal shift karyawan. Manager bisa dengan mudah dalam mengelola shifting lewat aplikasi ini. When I Work juga memungkinkan HR perusahaan dalam membuat jadwal kerja bagi karyawan.

KodaLog – Attendance Manager

Aplikasi absensi online ini tidak hanya bisa digunakan untuk karyawan saja, namun juga bisa digunakan untuk kebutuhan akademis. Tampilan aplikasi yang sederhana bisa mempermudah pelajar dalam menggunakan apk ini

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan aplikasi absensi online saat ini kian mudah. Bahkan Anda bisa menggunakannya secara gratis terlebih dahulu.

Jadi, kami sarankan untuk memudahkan perusahaan dalam membuat laporan khususnya bagi manajemen sumber daya manusia, akan lebih efektif dan efisien untuk mempertimbangkan penggunaan aplikasi absensi karyawan secara online ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id