icon-category Gadget

2 Fitur Baru di iPhone 14 Ternyata Nyontek Xiaomi

Sumber foto: CNET

Uzone.id - Gak ada habisnya memang kalau membahas isu copycat alias tiru-meniru antara smartphone Android dengan iPhone. Secanggih-canggihnya iPhone 14 Series, Apple pun ketahuan menjiplak fitur dari smartphone Xiaomi. Apa itu?

Fitur ini sebenarnya minor dan kurang dikenal, tak seperti Dynamic Island, koneksi via satelit sampai Crash Detection yang dijagokan oleh iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Ada dua fitur dari smartphone Xiaomi yang ketahuan ditiru oleh iPhone 14, yaitu kecerahan layar otomatis dengan dua sensor dan GPS dengan frekuensi ganda.

Pengaturan kecerahan otomatis menggunakan dua sensor sudah beberapa tahun lalu diterapkan smartphone Xiaomi, tepatnya pada seri Xiaomi Mi 10 yang debut di awal tahun 2020.

Baca juga: Akankah Ponsel Android Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro?

Dilansir dari Android Authority, lembar spesifikasi iPhone 14 Series menunjukkan seluruh ponsel memiliki dua sensor cahaya ambien, satu di depan dan satu di belakang. Dua sensor ini bikin penyesuaian kecerahan lebih akurat.

Sedangkan dua frekuensi GPS diberikan untuk meningkatkan akurasi lokasi di ponsel. Fitur ini sudah sejak lama diusung oleh Xiaomi Mi 8 yang rilis pada tahun 2018. 

Frekuensi GPS ganda memungkinkan aplikasi yang mengandalkan GPS seperti Google Maps memiliki akurasi lokasi yang tepat dan cepat. Sebelum iPhone 14, beberapa smartphone Android lainnya juga telah menerapkan fitur serupa, termasuk OnePlus, Samsung dan lain sebagainya.

Selain dua fitur tadi, sebenarnya ada beberapa fitur iPhone 14 lainnya yang ternyata ‘hasil tiruan’ Android. Paling terlihat adalah konsep lubang kamera alias punch hole pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Baca juga: Ketika Developer China Sukses Bikin Dynamic Island ‘KW’

Memang, lubang kamera racikan Apple jauh lebih keren dengan Dynamic Island. Tapi rasanya, fitur tersebut juga tak akan lama lagi bisa diadopsi oleh beberapa smartphone Android.

Sebelumnya, developer tema untuk MIUI berhasil membuat tema bernama ‘Grumpy UI’ yang memiliki Dynamic Island tiruan yang benar-benar mirip seperti aslinya. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini