icon-category Gadget

Ketika Developer China Sukses Bikin Dynamic Island ‘KW’

Uzone.id - Fitur Dynamic Island tak lagi eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, karena kini smartphone Xiaomi pun sudah memiliki fitur tersebut. Seorang developer tema MIUI asal China membuat tema bernama ‘Grumpy UI’ yang membawa tampilan ala Dynamic Island.

Tema ini pertama kali ditemukan oleh YouTuber bernama Vaibhav Jain, yang langsung membagikan video hands-on pendek di Twitter. Terlihat dari video, cara kerja Dynamic Island untuk smartphone Xiaomi mirip seperti aslinya.

Bedanya, ponsel Xiaomi yang digunakan memiliki lubang kamera di sudut kiri atas layar, bukan di tengah seperti iPhone 14 Pro. Grumpy UI menampilkan popup notifikasi di sebelah kanan kamera yang menunjukkan menu pemutar musik.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max

Saat ditekan, panel tersebut langsung membesar dan menutupi kamera depan. Bedanya lagi, saat Dynamic Island ‘KW’ tersebut didiamkan, panel ini tidak menyatu dengan kamera depan. Sementara di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, Dynamic Island terlihat menyatu dengan lubang kamera.

Hanya saja, Grumpy UI belum tersedia bagi pengguna smartphone Xiaomi di seluruh dunia. Tema ini masih dikembangkan dengan dukungan bahasa China saja. 

Kalau Xiaomi telah menyetujui kehadiran tema ini ketika pengembangan selesai, maka tak perlu menunggu lama hingga MIUI Theme menghadirkannya bagi seluruh pengguna smartphone Xiaomi.

Konsep Dynamic Island sudah diterapkan Android sejak lama

Harus diakui, Apple berhasil membuat punch hole terlihat indah dan berguna. Namun sebenarnya, konsep teknologi ini sudah sejak lama diterapkan oleh LG melalui seri V-nya.

Sebut saja LG V10, yang mengandalkan layar sekunder di bagian atas sebagai salah satu nilai jual utamanya. Layar kedua ini bisa menampilkan apapun, seperti notifikasi, penunjuk waktu, pintasan ke aplikasi, kontrol pemutar musik, akses ke kamera dan menampilkan widget khusus.

Namun LG gagal memaksimalkan potensi layar kedua ini, sehingga pada akhirnya dinilai sebagai fitur yang useless. Tidak semua orang ingin fitur tersebut, dan seperti kata Steve Jobs saat mengomentari tombol QWERTY fisik kala itu, “fitur ini akan tetap ada walau tak digunakan”.

Baca juga: Akankah Ponsel Android Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro?

Sebelum ada Dynamic Island, Samsung sebenarnya pernah bikin konsep brilian yang hampir sama. Smartphone Samsung dengan lubang kamera di tengah akan menampilkan notifikasi yang seolah muncul dari punch hole.

Namun lagi-lagi, fitur ini tak dikembangkan lebih lanjut. Pengguna tak bisa berinteraksi lebih lanjut. Tak ada kontrol lainnya yang bisa dilakukan pengguna pada lubang kamera tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini