icon-category Digilife

2 Fitur Baru Instagram: 'Following' dan 'Favorites', Apa Bedanya?

  • 24 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Karsten Winegeart/Unsplash

    Uzone.id - Dua fitur baru dari Instagram meluncur untuk pengguna setianya, fitur ini bernama Favorit dan Mengikuti.

    Keduanya memberikan cara baru bagi pengguna untuk memilih apa yang ingin mereka lihat di halaman Feed Instagram mereka.

    Peluncuran dua opsi baru ini akan membantu pengguna menikmati konten dari akun yang diikuti (Follow) dan akun yang difavoritkan secara terpisah dan juga secara kronologis.

    Jadi, nantinya kalian bisa memilah akun-akun kesukaan kalian di opsi Favorit agar tidak terganggu akun-akun lain yang kalian follow.

    “Kami ingin semua orang bisa membangun pengalaman terbaik saat menggunakan Instagram. Memiliki kendali terhadap hal-hal yang mereka lihat adalah langkah penting untuk mewujudkan hal tersebut,” kata Putri Silalahi, Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara, Kamis, (24/03/2022).

    [1] Instagram Fitur Favorit dan Mengikuti

    Fungsi fitur Favorit

    Fitur ini hanya akan menampilkan postingan dari akun-akun yang dipilih pengguna secara spesifik. Akun tersebut bisa saja idola yang sangat kalian sukai, gebetan, pacar, teman dekat, keluarga dan lainnya.

    Postingan dari akun-akun ini juga akan muncul dalam urutan kronologis agar kalian makin update dan tidak ketinggalan info dari akun-akun yang sudah difavoritkan.

    Fitur ini sekilas mirip dengan close friend, bedanya close friend memilih orang-orang tertentu agar bisa melihat Story IG kita, sedangkan fitur Favorit memilih orang-orang tertentu agar bisa kita lihat postingannya dengan mudah.

    Baca juga: Instagram David Beckham ‘Dibajak’ Dokter Ukraina, Alasannya Bikin Haru

    Pengguna bisa menambahkan sekitar 50 akun untuk masuk daftar tampilan Favorit ini, kalian juga bisa mengaturnya kembali di kemudian hari. Yang bikin fitur ini aman adalah akun yang dimasukkan ke list Favorit takkan mendapat notifikasi kalau ia telah ditambahkan ke daftar.

    Jadi, aman buat kalian yang diam-diam ingin memasukkan mas/mbak crush ke list akun Favorit ini tanpa ketahuan dan stalking pun jadi lancar nan mudah.

    Untuk menggunakan fitur Favorit dan Mengikuti, kalian tinggal mengetuk logo Instagram yang ada di sudut kiri atas Feed. selanjutnya, kalian bisa klik Favorit atau Mengikuti untuk melihat postingan pilihan kalian.

    Fitur Mengikuti

    [2] Instagram Fitur Favorit dan Mengikuti

    Sebenarnya fitur ini sudah tak asing lagi di telinga pengguna Instagram. Bedanya, kini Instagram hadir dengan 2 cara melihat feed Instagram yang mana fitur Mengikuti ini menampilkan postingan dari semua akun-akun yang kalian ikuti.

    Nantinya kalian bisa melihat postingan di opsi Mengikuti secara kronologis juga alias berurutan sesuai waktu postingan mereka, yang paling baru diunggah akan berada di posisi paling awal dilihat.

    Fitur Feed

    Nah, beda dengan opsi Mengikuti dan Favorit, fitur beranda atau Feed yang setiap hari kita lihat ketika membuka Instagram akan menampilkan postingan sesuai dengan urutan peringkat, hal ini bakal membantu pengguna menjelajah dan juga menemukan akun baru untuk diikuti.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini