home ×
Digilife

2020, 56 Persen Pengguna Internet Ingin Tetap Terhubung dengan Keluarga

19 March 2021 By
2020, 56 Persen Pengguna Internet Ingin Tetap Terhubung dengan Keluarga
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Jumlah pengguna internet terus meningkat hingga mencapai angka 4,66 miliar di awal 2021. Pandemi COVID-19 secara signifikan memberikan pengaruh terhadap peningkatan ini sehingga bisa saja angka yang sebenarnya lebih tinggi lagi.

Penggunaan internet yang semakin pesat selama 2020 ini memberikan perubahan yang cukup signifikan terhadap perilaku penggunaan internet. Data dari riset We Are Social menunjukkan jika fungsi utama dari internet tak lagi untuk mencari informasi secara online melainkan ada beberapa faktor lain yang juga menjadi alasan mengapa orang-orang menggunakan internet.

Penelitian terbaru dari GWI menunjukkan adanya perubahan perilaku pencarian secara global yang juga memiliki konsekuensi cukup penting bagi siapapun yang ingin memiliki engagement dengan audience digital. Data tersebut menunjukkan alasan lain yang menyebabkan orang-orang menggunakan internet selama 2020.

Baca juga: Indonesia No.1 Urusan Belanja Online Se-Dunia

Mencari informasi masih menjadi alasan utama dengan angka sebesar 63 persen. Tetap berhubungan dan berkomunikasi dengan kerabat serta keluarga menjadi alasan terbanyak kedua dalam menggunakan internet dengan angka mencapai 56,3 persen.

Disusul dengan alasan 'agar tetap up-to-date pada berita dan peristiwa' (55, 6 persen), mencari tahu cara melakukan sesuatu (51,9 persen), menonton video, acara tv, dan film (51,7 persen) dan mencari ide-ide baru (47,6 persen). Ada juga alasan lain seperti mendengarkan musik, edukasi, tempat liburan dan travel, kesehatan, mengatur keuangan, gaming, bisnis serta bertemu orang baru.

Penggunaan internet tentu tak lepas dari penggunaan sosial media, terhitung selama 2 jam 25 menit setiap harinya digunakan oleh pengguna internet pada platform sosial media. Data Digital Report 2021 memberikan daftar sosial media apa saja yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet selama 2020 dan awal 2021.

Baca juga: Mungkinkah Galaxy Note Mati?

Facebook menjadi platform sosial media yang banyak dikunjungi pengguna internet dengan pengguna mencapai 2,7 miliar disusul YouTube sebanyak 2,3 miliar, WhatsApp sebanyak 2 miliar, FB Messenger 1,3 miliar, dan Instagram 1,2 miliar. Selanjutnya, WeChat 1,2 miliar pengguna, TikTok 689 juta, QQ 617 juta, Doujin 600 juta, Sina Weibo 511 juta, Telegram 500 juta. Kemudian ada juga Snapchat, Kuaishou, Pinterest, Reddit, Twitter dan Quora.

Alasan pengguna internet menggunakan sosial media adalah untuk tetap up-to-date dengan berita-berita, menemukan konten yang menghibur, mengisi waktu luang, berkomunikasi dengan kerabat, dan membagikan momen foto atau video kepada orang lain.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article