home ×
Digilife

2022, Microsoft Suntik Mati Internet Explorer

20 May 2021 By
2022, Microsoft Suntik Mati Internet Explorer
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idMicrosoft akan menghentikan mesin pencarian Internet Explorer pada tahun 2022 setelah 25 tahun beroperasi. Langkah final ini diambil karena banyak pengguna yang beralih ke web browser lain, Microsoft mencatat bahwa sebagian besar pengguna sudah tidak menggunakan Internet Explorer semenjak beberapa tahun terakhir.

Akhir perjalanan Internet Explorer ini sudah tercium semenjak lama, Microsoft satu persatu menutup operasi web browser ini dimulai semenjak tahun lalu. Microsoft juga mencoba mengalihkan perhatian penggunanya selama lima tahun ke belakang, tepatnya ketika Microsoft pertama kali merilis Microsoft Edge. 

Microsoft mengakhiri Internet Explorer 11 pada aplikasi web Microsoft Teams pada tahun lalu, dan akan menarik Internet Explorer pada layanan Microsoft 365 akhir tahun ini. Internet Explorer 11 takkan lagi mendukung layanan online Microsoft seperti Office 365, OneDrive, Outlook, dan lainnya pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Nasib IE 11 dan Edge Legacy

Rencananya, Internet Explorer akan resmi ditutup oleh Microsoft pada 15 Juni 2022 mendatang. Dengan pensiunnya Internet Explorer, Microsoft akan berfokus pada Microsoft Edge.

“Kami mengumumkan bahwa masa depan Internet Explorer di Windows 10 ada pada Microsoft Edge,” kata Sean Lyndersay, manajer Program Microsoft Edge, dikutip dari The Verge, Kamis, (20/05).

“Aplikasi desktop Internet Explorer 11 akan dihentikan dan tidak lagi didukung per tanggal 15 Juni 2022, ini berlaku untuk versi Windows 10 tertentu,” tambahnya.

Meski Long-Term Servicing Channel  (LTSC) menyatakan jika Windows 10 masih menyertakan Internet Explorer tahun depan, namun versi konsumen akan tetap menghentikan browser tersebut. 

Alternatif lain setelah Internet Explorer dihentikan adalah dengan Microsoft Edge mode IE yang telah dirilis beberapa tahun lalu. Microsoft Edge memungkinkan para konsumen mengadopsi browser berbasis Chromium pada situs web lama. Microsoft berjanji akan tetap mendukung Mode IE pada Edge ini setidaknya hingga tahun 2029.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id