home ×
Digilife

25,2 Juta Unit PC di Dunia Masih Pakai Windows XP

07 September 2020 By
25,2 Juta Unit PC di Dunia Masih Pakai Windows XP
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Sebuah riset menemukan jika di dunia masih ada sekitar 25,2 juta unit PC yang masih menggunakan sistem operasi (OS) Windows XP. Itu jika prediksi total jumlah PC di dunia benar mencapai dua miliar unit.

Windows XP pertama kali meluncur pada 2001. Itu artinya, sistem operasi tersebut telah berusia 19 tahun. Namun tetap saja banyak orang yang menggunakannya. Setidaknya, itu yang dilaporkan oleh perusahaan riset pasar NetMarketShare.

Dilansir melalui Techradar, Senin, 7 September 2020, sampai bulan lalu masih ada sekitar 1,26 persen laptop dan komputer desktop di dunia yang terdeteksi masih menggunakan OS berusia 19 tahun itu. Angka ini lebih besar ketimbang sistem operasi yang lebih muda.

Baca juga: mengenang 25 Tahun Windows 95

Menurut NetMarketShare, untuk sistem operasi Windows 8 saja, saat ini ada 0,57 persen PC yang masih menggunakannya. ChromeOS diperkirakan digunakan oleh 0,42 persen PC dan desktop di dunia, sedangkan Windows Vista digunakan oleh 0,12 persen PC/desktop.

Belum diketahui apa yang menyebabkan PC atau desktop tersebut masih menggunakan Windows XP. Padahal diketahui, Microsoft telah menyuntik mati Windows XP sejak 14 April 2014. Ini artinya, Microsoft tidak akan menyediakan update apapun untuk Windows XP, baik update keamanan maupun teknis. Tak ada pembaharuan sejak enam tahun belakangan.

Baca juga: Fitur Windows 10 yang Bisa Digunakan di Samsung Galaxy Note20 Ultra

Diperkirakan saat ini ada dua miliar komputer PC yang tersebar di seluruh dunia. Jika memang angka tersebut akurat, PC yang masih menggunakan Windows XP berjumlah 25 jutaan unit.

Sementara itu, Windows 10 masih memimpin pasar OS PC secara global dengan estimasi pengguna mencapai 60 persen dari total PC di dunia. Angka ini naik 50 persen dibanding bulan lalu karena Windows 10 mulai menjadi OS satu-satunya yang masih dipertahankan Microsoft.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
zarkasyi hasbi 07 September 2020 | 19:54:07

masih memegang kualitas yg tidak kalah sama yang baru

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article