Digilife

3 Alasan yang Bikin Windows 11 Menarik Bagi Gamer

  • 25 June 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: microsoft.com)

    Uzone.id - Microsoft akhirnya meresmikan OS anyar mereka Windows 11 dalam acara livestream yang diadakan pada Kamis malam, 24 Juni 2021. Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengungkapkan bahwa OS baru ini akan hadir pada musim gugur 2021.

    Windows 11 memberikan upgrade signifikan pada kinerjanya dan menghadirkan tampilan baru yang menarik. Tak hanya bagi pengguna umum, Windows 11 juga siap menarik perhatian para gamer PC yang ingin meningkatkan level pengalaman gaming mereka.

    Berikut adalah tiga fitur Windows 11 yang akan membuat para gamer PC bersemangat untuk menggunakan OS ini. 

    Auto HDR tingkatkan Visual game secara signifikan 

    Salah satu yang paling menarik dari Windows 11 adalah Auto HDR yang bisa menyempurnakan game apapun dalam DirectX 11. Auto HDR merupakan tool yang bisa mengonversi konten SDR secara otomatis menjadi konten berkualitas HDR tanpa campur tangan developer maupun player.

    Baca juga: Microsoft Hadirkan Aplikasi Android Via Appstore dari Amazon

    Auto HDR bisa membuat game modern SDR-only seperti A Plague Tale: Innocence terlihat lebih baik dengan menambah lebih banyak depth ke layar gamer. Meski dilakukan secara otomatis, peningkatan ini takkan mempengaruhi kinerja gaming.

    Microsoft sebelumnya sudah mendebutkan Auto HDR pada konsol Xbox Series X dan Xbox Series S. Tentu banyak gamer yang senang fitur ini akhirnya hadir di perangkat PC dan ingin segera melihat sejauh mana game SDR dibangun pada DirectX 11 dengan Auto HDR.

    DirectStorage memuat game lebih cepat dari sebelumnya 

    Windows 11 juga semakin memanjakan para gamer dengan menghadirkan dukungan DirectStrorage. Sama seperti Auto HDR, DirectStorage juga sebelumnya didebutkan Microsoft dengan Xbox Series X dan S.

    DirectStorage API terbaru bisa menangani lebih banyak permintaan data sekaligus, menghasilkan waktu loading super pendek yang telah diuji sebelumnya pada Xbox terbaru. Bahkan, saat main game dengan banyak model, tekstur, dan efek berkualitas tinggi pun, pengguna gamer takkan menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar loading.

    Untuk memanfaatkan dukungan Windows 11 pada DirectStorage, para gamer memerlukan “SSD NVMe berkinerja tinggi dan driver yang tepat,” kata Microsoft seperti yang dikutip dari Windows Central, Jumat, (25/06).

    Baca juga: Microsoft Suntik Mati Windows 10 Per Oktober 2025, Windows 11 Siap Rilis?

    Akses lebih mudah ke ekosistem Xbox 

    Yang terakhir sekaligus yang bikin para gamer merasa menang banyak di Windows 11 adalah semakin mudahnya akses Windows pada ekosistem Xbox.

    Para gamer PC bisa merasakan layanan Xbox Game Pass ala style all-you-can-eat melalui aplikasi Xbox yang akan dibangun langsung ke Windows 11. Ini bakal bikin para gamer lebih mudah menikmati 100 lebih game di library–nya.

    Xbox Cloud Gaming juga akan tersedia langsung di aplikasi Xbox. Ini akan membuat para gamer pemula menikmati game modern berkualitas tinggi. Bagi para pelanggan Xbox Game Pass Ultimate, Xbox Cloud Gaming juga akan tersedia melalui browser mereka.

    Memang tak semua gamer PC bisa merasakan keuntungan dari dimudahkannya akses-akses ini, tapi setidaknya akan ada banyak opsi yang bisa dipilih nantinya.

    Melihat betapa banyaknya keunggulan ekosistem Xbox ini, Microsoft sepertinya sangat memastikan bahwa gamer PC bisa mendapatkan kesenangan lewat sistem operasi terbarunya.