home ×
Digilife

3 Tips Pangkas ‘Sampah’ dari WhatsApp Agar Memori Ponsel Gak Penuh

15 November 2020 By
3 Tips Pangkas ‘Sampah’ dari WhatsApp Agar Memori Ponsel Gak Penuh
Share
Share
Share
Share

(Foto ilustrasi: Unsplash)

Uzone.id -- Siang itu, kawan bernama Nanda terkejut saat melihat aplikasi WhatsApp di ponselnya memakan ruang penyimpanan memori sampai 8GB sendiri. Sembari terheran-heran, dia berucap, “kenapa WhatsApp bisa serakus ini?!?

Siapa yang pernah terkejut seperti Nanda? Sebenarnya yang salah bukan WhatsApp sepenuhnya, tapi cara kita menggunakan dan mengelola aplikasi perpesanan satu ini. WhatsApp memang aplikasi ‘sejuta umat’ sebagai jalur komunikasi, baik dengan keluarga, teman, hingga kolega pekerjaan.

Dipakai setiap hari, belum lagi dalam kurun beberapa jam isinya saling berkirim data berupa gambar, foto, video, file macam-macam, sampai GIF. Hal seperti ini yang memakan memori ponsel jika kita tidak perhatikan secara rinci.

Berikut ada beberapa tips jika kalian ingin memangkas ‘sampah’ dari WhatsApp yang begitu banyak itu agar memori ponsel tidak kepenuhan.

1. Bersih-bersih data dari WhatsApp
Cara yang dapat langsung dilakukan jika ingin membersihkan ‘sampah’ dari WhatsApp adalah mengecek sendiri seberapa banyak data yang tertimbun. Hal ini bisa langsung dilakukan di dalam pengaturan WhatsApp.

Caranya: buka WhatsApp > klik Settings > Storage and Data > Manage Storage.

Di laman ini, pengguna akan disuguhkan oleh berapa ukuran data yang tertimbun di WhatsApp, apakah 5GB, 8GB, atau bahkan 10GB. Tampilan laman ini menunjukan secara detail berdasarkan grup atau percakapan pribadi yang memiliki kumpulan file dalam jumlah data besar.

Baca juga: Ini Fitur WhatsApp Agar Memori Ponsel Tetap Lega

Pengguna bisa langsung membuka folder kumpulan file yang memiliki memori data paling besar dan bisa menghapusnya secara sekaligus.

Cara lainnya, bisa klik tiap grup dan percakapan pribadi jika ingin ada file yang dihapus untuk melegakan memori ponsel.

2. Matikan penyimpanan foto WhatsApp ke ponsel
Secara bawaan, WhatsApp untuk Android dan iOS akan mengunduh dan menyimpan foto secara otomatis ke ponsel pengguna. Tentu hal ini bisa merugikan memori ponsel, apalagi jika foto tersebut tidak layak untuk disimpan.

Maka sudah waktunya mengecek kembali ke pengaturan aplikasi.

Jika kalian menggunakan ponsel Android, maka langkahnya adalah: buka WhatsApp > Settings > Chats > matikan opsi Media visibility.

Kalau pakai perangkat iOS, langkahnya: buka WhatsApp > Settings > Chats > matikan opsi Save to camera roll.

3. Setop unduh otomatis
Kalau kalian sudah melakukan langkah di nomor 2 di atas, sebetulnya masih ada satu cara lagi untuk membatasi memori ponsel terpakai percuma gara-gara WhatsApp.

Sebagai pengguna, kita pun memiliki kendali penuh apakah tiap file berupa foto atau video tersebut secara otomatis diunduh saat kita membukanya atau tidak.

Jika kalian buka WhatsApp > Settings > Storage and Data, perhatikan bagian kolom Media Auto-Download.

Pengguna bisa memilih apakah media berupa foto dan video akan terunduh secara otomatis menggunakan mobile data, jaringan WiFi, atau tidak mengizinkan download otomatis sama sekali alias never.

Saran paling umum adalah mengaktifkan opsi Never, atau minimal terkoneksi dengan jaringan WiFi untuk soal download otomatis ini. Selain bisa menghemat mobile data, biasanya kita yang memiliki kendali penuh untuk melihat foto dan video tersebut dengan melakukan tap terlebih dahulu sebelum mereka terunduh.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article