home ×
Startup

4 Fitur IndiHome Smart untuk Keamanan Keluarga

05 June 2021 By
4 Fitur IndiHome Smart untuk Keamanan Keluarga
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Banyak negara di dunia mulai mengandalkan CCTV untuk memantau pergerakan warganya, demi keamanan lingkungan dan sekitarnya. Warga pun banyak yang berinisiatif untuk memasang kamera CCTV di dalam rumah, demi keamanan keluarga. Tidak dipungkiri jika kamera CCTV memiliki banyak manfaat, terutama untuk mencegah masuknya kriminal ke dalam rumah.

Di Inggris saja, data dari IFSEC Global menunjukkan jika saat ini satu dari 13 orang di negara itu memiliki CCTV. Angka ini mencakup segalanya mulai dari pengawasan publik, hingga kamera yang dioperasikan bisnis pribadi dan bahkan kamera bel pintu. Di Indonesia memang belum ada data pasti jumlah CCTV yang digunakan. Namun yang jelas, pada 2019 lalu, Jakarta Smart City menyebut jika Indonesia memiliki lebih dari 6.000 unit CCTV yang tersebar. Itu baru di Jakarta, belum di seluruh Indonesia.

Baca juga: Telkom dan Netflix Resmi Kerja Sama

Setidaknya ada banyak alasan bagi warga untuk berinisiatif memasang CCTV, yang semuanya merupakan salah satu upaya untuk mencegah niat jahat yang mengincar rumah warga. CCTV bisa melihat adanya pencuri masuk, mampu mengidentifikasi gangguan di rumah, mewaspadai siapa saja/orang tak dikenal yang datang ke rumah, memantau kegiatan anak di rumah, menjaga orang tua yang sudah sepuh, sampai memonitor kejadian di dalam rumah saat penghuni sedang berada jauh.

Semua fungsi itu bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan kocek yang mahal untuk membeli perangkat kamera keamanan. Satu unit CCTV untuk memantau keamanan rumah bisa disewa dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp25.000 per bulan. Dengan harga sebesar itu, kita sudah bisa memiliki ketenangan hati dan jiwa saat meninggalkan rumah dan orang-orang yang kita sayangi.

Layanan terjangkau itu bisa digunakan berkat IndiHome Smart. Ini merupakan salah satu layanan berbasis IoT yang ditawarkan oleh IndiHome. Mereka mengusung teknologi IoT untuk melakukan fungsi monitoring di rumah, toko ataupun gedung. Dengan layanan IndiHome Smart Camera, pelanggan dapat melakukan fungsi-fungsi home surveillance melalui gadget meskipun berada jauh dari rumah. Dengan hanya Rp25 ribu maka kita sudah bisa mengakses dan memonitor rumah kapan pun dan di mana pun.

Setidaknya ada 4 fitur yang bisa diandalkan dalam IndiHome Smart

  1. Notifikasi Langsung dari Aplikasi

Semua operasional CCTV bisa dilakukan dengan menghubungkan perangkat ke aplikasi. Bahkan ada juga Motion Detection. Fitur ini dapat mendeteksi setiap pergerakan yang tertangkap kamera. Ketika fitur ini diaktifkan, maka sistem akan memberikan informasi berupa notifikasi ke aplikasi, disertai video highlights saat kamera mendeteksi pergerakan selama 10 detik jika menggunakan MicroSD card.

  1. Atur pergerakan CCTV dengan Pan-Tilt

Dibekali juga dengan kemampuan mendapatkan angle 360 derajat yang memungkinkan pemantauan keadaan rumah secara menyeluruh.

  1. Berbicara langsung

CCTV besutan IndiHome Smart juga bisa mengeluarkan suara. Walau tak ada interaksi dua arah namun fitur berbicara langsung ini cukup bermanfaat. Misalnya digunakan untuk menakuti pencuri atau tamu tak diundang sehingga aksi kejahatan tak jadi dilakukan.

  1. Rekam seluruh kegiatan

Kegiatan yang ada di rumah bisa kita pantau setiap menitnya dan data akan tersimpan di dalam MicroSD. Pengguna bisa mengakses kapanpun sehingga saat sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, kita bisa melihat kronologinya secara jelas, mulai dari awal.

Di era pandemi ini, semua terhubung dengan teknologi sehingga tidak ada salahnya jika kita mengikuti tren untuk menjaga orang-orang di rumah menggunakan layanan monitoring seperti IndiHome Smart.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article