Telco

4 Ganti Rugi Pelanggan IndiHome Imbas Gangguan Kabel Laut JaSuka

  • 28 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Glenn Carstens-Peters / Unsplash)

    Uzone.id - Telkom Indonesia telah memberikan ganti rugi kepada pelanggan IndiHome setelah terjadi gangguan layanan akibat terputusnya kabel laut JaSuka (Jawa, Sulawesi, Kalimantan) pada Minggu (19/9/2021) malam.

    Ada empat ganti rugi yang akan diberikan Telkom kepada para pelanggan yang mengalami ganguan, seperti disampaikan oleh Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan kepada media, yakni:

    1. Memundurkan tanggal pelayanan

    2. Menghilangkan denda keterlambatan bayar

    3. Open free channel (IndiHome membuka semua saluran)

    4. Kompensasi terkait tagihan bulan Oktober untuk pelanggan terdampak.

    BACA JUGA: Video Viral Konsumen China Serbu Mal Penjual iPhone 13

    IndiHome telah mengumumkan di akun Instagram pada 26 September 2021 bahwa akibat gangguan terhadap layanan maka kompensasi berupa gratis open channel mulai 26 September-15 Oktober 2021.

     

    Bagi pelanggan IndiHome yang ingin mendapatkan ganti rugi dengan mengaksses semua channel IndiHome TV, harus melakukan restart pada set top box (STB).

    "Sobat hanya perlu me-restart STB dengan cara menekan tombol On/Off (power) pada STB-nya," kata IndiHome.

    Untuk kompensasi khusus pada tagihan di bulan Oktober akan disesuaikan dengan kategori pelanggan. Kurniawan menjelaskan bahwa segmen pelanggan IndiHome berbeda-beda berdasarkan paket berlangganan dan lama berlangganan.

    "Nah, kompensasi tagihan dilakukan berdasarkan untuk pelanggan terdampak, sesuai yang dijelaskan dalam kontrak berlangganan," kata Kurniawan.

    Kemudian, pelanggan bisa klaim kompensasi tersebut dengan menghubungi IndiHome lewat kanal-kanal pengaduan yang sudah disediakan, seperti hubungi 147, akun media sosial Indihome dan datang ke Plasa Telkom.

    BACA JUGA: Squid Game Jadi Calon Tayangan Paling Populer Sepanjang Sejarah Netflix

    Kabel Laut JaSuKa

    Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, mengatakan pada Jumat (24/9) bahwa terkait dengan perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

    "Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel," kata Pujo.

    Telkom memperkirakan perbaikan kabel laut selesai pada minggu kedua Oktober dan bahkan bisa lebih cepat.

    Pada saat yang sama, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan back-up link, sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala dan dinikmati pelanggan tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut.

    “Berbagai upaya ini dilakukan guna memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan beragam layanan TelkomGroup. Semoga pelanggan dapat kembali beraktivitas secara digital dengan nyaman,” ungkap Pujo.