home ×
Digilife

4 Tahun Vakum, Program ‘Centang Biru’ Twitter Dibuka Lagi

22 May 2021 By
4 Tahun Vakum, Program ‘Centang Biru’ Twitter Dibuka Lagi
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. Unsplash

Uzone.id -- Akun-akun Twitter yang memiliki kepentingan publik, tokoh ternama, dan selebtwit biasanya memiliki tanda keaslian pada akunnya berupa “Blue Badge” atau “Centang Biru”. Tanda ini diberikan pada pengguna yang memenuhi syarat melalui program verifikasi.

Namun pada tahun 2017, program ini ditangguhkan sementara oleh Twitter setelah adanya beberapa tuduhan bahwa Twitter mendukung beberapa pihak tertentu. Salah satu yang paling diingat adalah masalah Jason Kessler, penyelenggara protes “Unite the Right” yang mendapat tanda verifikasi dari Twitter.

Setelah kurang lebih 4 tahun dihentikan, Twitter resmi mengumumkan bahwa mereka mulai menerima kembali program verifikasi dengan kebijakan baru.

Baca juga: Tip Jar, Cara Baru Pengguna Twitter Apresiasi Kreator Konten

Program ini dibuka kembali setelah Twitter mengumpulkan feedback dari publik pada akhir tahun lalu terkait draf kebijakan verifikasi baru, ini juga bertujuan untuk mempromosikan percakapan sehat pada platform ini.

Dilansir dari Neowin, untuk memenuhi syarat ini, pengguna setidaknya harus memiliki akun lengkap dengan nama dan gambar profil serta alamat email atau nomor telepon yang sudah dikonfirmasi. Akun juga harus aktif selama 6 bulan terakhir tanpa pelanggaran dari Twitter.

Untuk memenuhi syarat Centang Biru, Twitter juga mencantumkan kategori seperti pemerintahan, perusahaan, merk dan organisasi, organisasi berita dan jurnalis, hiburan, olahraga dan gaming, serta aktivis atau penyelenggara.

Baca juga: Bos Twitter: Tidak Ada yang Bisa Menghentikan Bitcoin

Akhir tahun ini, Twitter akan segera menambahkan banyak kategori seperti ilmuwan, akademisi, dan pemimpin agama.

Agar bisa diverifikasi, pengguna bisa menuju ke tab Pengaturan Akun pada aplikasi Twitter. Jika pendaftaran program ini ditolak, pengguna masih bisa mengajukan lagi 30 hari setelah menerima notifikasi penolakan.

Selain program verifikasi, Twitter juga berencana memperbarui halaman profil pengguna dengan adanya tab “About”, memberi label akun secara otomatis dan memberikan tanda pada akun yang pemiliknya telah meninggal dunia.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id