icon-category Telco

40 Persen Gen Z Masih Rendah Literasi Digital, Ini Siasat Tri

  • 05 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Peluncuran Program Generasi Happy, Rabu, (05/10)/Vina-Uzone.id

    Uzone.id - Tak bisa dipungkiri saat ini, generasi Z atau Gen Z (usia 13 hingga 22 tahun) memiliki jumlah yang paling banyak di Indonesia. Generasi ini menempati posisi teratas sebagai jumlah penduduk tertinggi di Indonesia, yakni mencapai 75 juta jiwa (28 persen) dari total penduduk Indonesia.

    Apalagi Gen Z sekarang hidup di dua dunia sekaligus, dunia nyata dan juga dunia maya. Merujuk pada survey Alvara Research Center, pengguna terbesar internet berasal dari kalangan Gen Z yang mengakses internet lebih dari 7 jam/hari.

    Sayangnya, survey mengatakan kalau 40 persen Gen Z masih berada di kategori literasi digital rendah. 

    Maka dari itu, Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand Tri meluncurkan program ‘Generasi Happy’, yang bertujuan untuk mengajak Gen Z untuk memahami lebih dalam terkait pentingnya literasi digital dan bisa memaksimalkan dunia digital secara lebih kreatif dan positif.

    Pada peluncuran program ini, Rabu, (05/10), Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Singh, mengatakan “Melalui Generasi Happy, literasi digital menjadi salah satu hal penting yang ingin kami komunikasikan kepada seluruh Gen Z dengan gaya hidup digital yang tinggi. Kami ingin mengajak mereka untuk menciptakan ekosistem media sosial yang aman dan nyaman bagi semua.”

    Ia menambahkan, kalau program ini merupakan dukungan nyata bagi Gen Z untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka di dunia digital dengan belajar langsung dari para ahli maupun influencer di berbagai bidang yang bisa menjadi inspirasi. 

    Semua ini dikemas dalam rangkaian program Generasi Happy baik secara online maupun offline. Mulai dari Generasi Happy Video Competition untuk anak-anak sekolah dan mahasiswa.

    Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Marketplace 360 untuk Pasar Digital

    Ada juga Generasi Happy Festival di 5 kota di Indonesia yaitu Makassar, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Palembang.

    Roadshow ini melibatkan musisi, komika, content creator, dan tokoh inspiratif seperti Najwa Shihab yang akan menggelar talkshow Mata Najwa on Generasi Happy stage.

    “Keresahan seperti cyberbullying, paparan informasi dusta, bertemu dengan peluang berkarya dan bergerak yang semakin besar. Program ini bertujuan membantu anak muda, khususnya Gen Z, memahami dan mengembangkan diri sebaik-baiknya dalam ekosistem digital,” ungkap Najwa Shihab.

    Selain dua program di atas, ada juga Generasi Happy TikTok Challenge dan Bigbang Festival atau acara puncak Generasi Happy Festival dengan skala lebih besar di Februari 2023.

    Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Sabet Penghargaan 'Saham Terbaik 2022'

    Untuk mengikuti program ini, pelanggan Tri dapat langsung mendaftarkan nomor Tri di website GenerasiHappy.tri.co.id, dan isi ulang Paket Happy senilai Rp15 ribu untuk bisa mendapatkan unique code yang bisa ditukar dengan entry pass Generasi Happy Festival.

    Walaupun ini dikhususkan untuk pengguna Tri, pelanggan yang belum memakai Tri bisa membeli langsung Kartu Perdana Happy seharga Rp15.000, lalu daftarkan nomornya ke web yang telah disebutkan tadi.

    Tri juga bekerjasama dengan Tokopedia sebagai eksklusif e-commerce partner yang menyediakan entry pass di lokasi festival di 5 kota.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini