home ×
Digilife

5 Alasan Harus Punya Penyimpanan Cloud untuk PC

05 October 2021 By
5 Alasan Harus Punya Penyimpanan Cloud untuk PC
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id - Media penyimpanan cloud adalah solusi praktis menghemat ruang di hardisk atau SSD. Kamu mungkin membutuhkannya untuk menyimpan data-data penting atau sebagai backup.

Beberapa vendor memberikannya secara cuma-cuma. Meski kapasitasnya terbatas, namun fitur-fiturnya sangat fungsional.

Baca juga: Xbox Uji Coba Dark Mode, Biar Makin Semangat Begadang?

Bukan cuma ponsel, perangkat PC juga perlu memiliki penyimpanan cloud. Ada beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh melewatkannya.

Kelebihan Menggunakan Penyimpanan Cloud

Data yang kamu simpan di cloud tidak berada di PC atau laptop melainkan dititipkan ke si empunya penyimpanan. Meski demikian, justru hal ini menawarkan sangat banyak kemudahan.

1. Aksesibilitas Tinggi

Ini adalah keunggulan utama cloud. Tidak akan ada lagi alasan lupa menyalin file atau atau flash drive ketinggalan di rumah.

Selama data tersimpan di cloud maka kamu bisa mengaksesnya dari manapun dengan internet.

Satu akun bisa untuk berbagai perangkat sekaligus, laptop, PC, ponsel, dan tablet. Bahkan SSD tercepat sekalipun tidak memiliki keunggulan hebat ini.

2. Data Lebih Aman

Keamanan data meningkat lebih dari 50 persen jika kamu menggunakan cloud storage.

Setiap penyedia layanan memang punya standar keamanan yang berbeda, tetapi seharusnya tidak akan ada masalah berarti.

Jika PC kamu rusak hingga ke komponen terkecilnya, sudah pasti semua data di dalamnya ikut lenyap. Tetapi kejadian semacam itu hampir mustahil terjadi pada cloud.

Pasalnya, cloud terdiri dari ribuan data center. Mereka mungkin memiliki salinan seluruh data. Jadi meski terjadi kerusakan server, datamu tetap bisa selamat.

3. Sangat Fleksibel

Apa yang kamu lakukan jika SSD di PC penuh? Cuma ada dua cara; menghapus data yang tidak perlu atau membeli perangkat baru.

Sebenarnya kedua cara tersebut sama-sama tidak efektif. Berbeda dengan cloud yang mana amat sangat fleksibel.

Katakanlah kamu awalnya menggunakan paket gratis sebesar 15 GB. Saat penuh, yang perlu kamu lakukan hanyalah membeli paket baru untuk menambah ruang.

Semuanya bisa selesai dalam hitungan menit. Tidak perlu menambah perangkat dan memindahkan data.

4. Hemat Biaya

Menggunakan cloud lebih hemat daripada harus membeli media fisik seperti hardisk dan SSD. Apalagi ada banyak layanan gratis yang ada di internet meskipun kapasitasnya tidak seberapa.

Daridesignstudio.com merekomendasikan beberapa layanan ini untuk menjadi penyimpanan cloud di PC Anda.

Jika memerlukan penyimpanan yang lebih besar, tentu kamu harus merogoh kocek. Untuk yang satu ini, harga sewanya bisa jadi lebih mahal dari sebuah SSD.

5. Kolaborasi dan Berbagi

Lagi-lagi, ini tidak akan bisa dilakukan dengan penyimpanan lokal tanpa konfigurasi khusus. Tetapi dengan cloud kamu bebas berkolaborasi dengan siapapun.

Satu penyimpanan tersedia untuk lebih dari satu perangkat. Berbagi file pun tidak perlu menggunakan perantara perangkat eksternal lagi.

Cloud memungkinkan kamu bekerja bersama secara real-time dengan tim di folder atau file yang sama.

Gunakan Penyimpanan Cloud dengan Bijak

Normalnya, penyimpanan cloud untuk PC hanya untuk mengamankan file individu berukuran kecil. Contohnya dokumen, foto, video, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Keunggulan Cloud Game

Sangat tidak disarankan menyimpan file berukuran besar dan banyak seperti game. Sebab, proses upload dan download-nya pasti sangat memakan waktu.

Terakhir, jangan lupa pasang aplikasi cloud di PC dan aktifkan fitur auto backup untuk folder penting. Hindari risiko kehilangan data dengan cara sederhana ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id