icon-category Digilife

5 Cara Agar Tahu WhatsApp Kamu Telah Diblokir Orang Lain

  • 07 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Dimitri Karastelev / Unsplash)

    Uzone.id - Salah satu fitur pemutus komunikasi di beberapa aplikasi adalah blokir pertemanan. Tak hanya di media sosial saja, di aplikasi perpesanan seperti WhatsApp pun fitur blokir sangat ampuh untuk menghindari nomor-nomor tak diinginkan untuk menghubungi pengguna.

    Fitur blokir ini biasanya dilakukan secara diam-diam dan tidak disadari oleh orang-orang yang diblokir.

    Meski begitu, untuk menemukan apakah nomor kalian diblokir atau tidak oleh orang lain, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa nomor kalian telah diblokir.

    Nah, untuk memastikan apakah nomor kalian diblokir atau tidak, kalian bisa coba langkah-langkah berikut.

    1. Periksa status Last Seen di ruang chat

    Status Last Seen atau Terakhir Dilihat adalah status yang menunjukkan kapan terakhir kali seseorang membuka WhatsApp. Jika status menunjukkan online, maka dia sedang membuka WhatsApp.

    BACA JUGA: Kominfo Batal Matikan TV Analog pada 17 Agustus 2021

    Pengguna bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat Last Seen mereka, tapi untuk status online siapa saja akan tetap melihatnya.

    Beberapa alasan mengapa kalian tak bisa melihat Last Seen seseorang di antaranya mereka mengatur untuk menyembunyikan status Last Seen, atau sebaliknya kalian sendiri yang menyembunyikan Last Seen kalian.

    2. Periksa foto profil kontak

    Salah satu tanda kalian telah diblokir adalah foto profil orang tersebut tidak pernah berubah atau bahkan tidak terlihat. Jadi, ketika mereka mengganti foto profil yang baru, kalian masih akan melihat foto lama.

    Tapi di beberapa kasus, orang yang diblokir takkan bisa melihat foto kontak yang memblokir mereka, bahkan foto lama sekalipun dan hanya menyisakan ikon dari WhatsApp saja.

    Untuk meyakinkan hal ini, kalian bisa membandingkan kontak tersebut di WhatsApp kalian dan di WhatsApp teman kalian yang satu kontak dengan mereka.

    3. Periksa tanda centang

    Centang di WhatsApp menunjukkan tanda apakah pesan tersebut belum diterima, sudah diterima dan belum dibaca atau sudah dibaca. Salah satu tanda yang bisa menunjukkan kalian diblokir atau tidak adalah lewat centang ini.

    Jika kalian sudah diblokir, ketika mengirim pesan ke mereka, kalian hanya akan melihat satu centang abu-abu saja. Tidak akan berubah hingga mereka membuka blokirannya.

    Tapi, jangan langsung menyimpulkan karena bisa saja mereka sedang tidak terhubung ke internet atau ganti nomor WhatsApp. Untuk memastikannya, kalian bisa membandingkannya lewat WhatsApp teman kalian.

    BACA JUGA: Cerita Tifatul Sembiring Dijegal Ingin Migrasikan TV Analog ke TV Digital

    4. Hubungi kontak

    Jika merasa langkah-langkah di atas masih belum membuat kalian yakin 100 persen, kalian bisa mencoba hal ini.

    Coba hubungi kontak tersebut baik itu Voice Call maupun Video Call. Jika panggilan menunjukkan tanda berdering, kabar baiknya kalian belum diblokir.

    Kemudian, jika panggilan tidak terhubung secara terus menerus dan berhari-hari, kabar buruknya kalian mungkin telah benar-benar diblokir.

    Sebenarnya ada kemungkinan mereka sedang tidak terhubung ke internet sehingga tidak bisa mengangkat panggilan, tapi jika digabungkan dengan tanda-tanda di atas, bisa jadi kontak tersebut telah memblokir kalian.

    5. Masukkan kontak ke grup chat

    Langkah ini akan semakin meyakinkan apakah kalian sudah diblokir atau belum oleh seseorang. Caranya gampang, tinggal masukkan kontak ke grup chat, apabila mereka masih bisa ditambahkan maka kalian belum diblokir.

    Jika tidak bisa menambahkan kontak tersebut ke grup chat, maka sudah dipastikan kalian diblokir oleh kontak tersebut.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini