icon-category Digilife

5 Fitur Baru Siap Hadir di WhatsApp, Bisa Chat Tanpa Internet

  • 25 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Amin Moshrefi/Unsplash

Uzone.id – Makin hari, pengguna makin leluasa menggunakan WhatsApp berkat fitur-fitur yang terus diperbarui. Salah satu fitur yang sudah dirilis WhatsApp dan cukup berguna adalah fitur mengirim pesan ke diri sendiri.

Di awal tahun ini, WhatsApp sudah menyiapkan beberapa fitur agar pengguna makin betah menggunakan platform chatting-an ini.

Berikut 5 fitur WhatsApp yang sudah dikembangkan dan diuji coba. Fitur-fitur ini diperkirakan akan muncul di platform tak lama lagi.

Pertama, copy teks dari gambar

Fitur ini bakal muncul bagi pengguna iPhone lebih dulu, jadi pengguna Android sabar dulu ya. 

WhatsApp memanfaatkan salah satu fitur dari iOS 16 yang juga bisa dimanfaatkan di platform chattingan ini. Dengan fitur ini, kalian bisa memilih, menyalin, dan menempel teks dari gambar seperti yang bisa kalian lakukan di aplikasi iPhone.

Kedua, caption saat memforward foto atau video

Salah satu fitur yang benar-benar diluncurkan WhatsApp dalam waktu dekat adalah fitur yang memungkinkan pengguna mem-forward foto/video dengan caption.

Baca juga: Bukan 12 Ribu, Investor Minta Google PHK 37 Ribu Orang?

Pasalnya, saat ini pengguna tak bisa meneruskan pesan media dengan caption, alhasil pengguna harus secara manual menyalin teks untuk mengirim pesan secara menyeluruh.

Kabarnya, WhatsApp akan segera memberikan solusi akan masalah ini dengan mengembangkan fitur yang bisa memforward pesan dan media secara bersamaan. Kalian juga menambah opsi untuk menghapus teks tersebut.

Ketiga, memindahkan riwayat obrolan tanpa Google Drive

Saat ini, pengguna harus menggunakan Google Drive untuk mencadangkan riwayat obrolan dan memindahkannya ke ponsel lain.

Nah, di waktu yang akan datang pengguna hanya perlu memindai QR untuk memindahkan obrolan dari ponsel lama ke ponsel baru. Belum jelas bagaimana cara kerjanya nanti, tapi kalian hanya perlu izin perangkat tertentu untuk terhubung ke perangkat baru kalian.

Keempat, voice note menjadi status 

Kalau saat ini kalian hanya bisa berbagai video, foto, GIF, dan teks ke fitur Status WhatsApp, di waktu yang akan datang kalian bisa berbagai voice note singkat ke fitur yang satu ini.

Baca juga: Bahasa Jawa dan Sunda Bisa Diterjemahkan di Google Translate Secara Offline

Status ini seperti pesan suara singkat yang hanya bisa dinikmati selama 24 jam. Bagi pengguna yang ingin sharing rekaman suara seperti bernyanyi dan bercakap-cakap sendiri, update ini bakal jadi yang paling ditunggu-tunggu.

Terakhir, chattingan tanpa terhubung ke internet

Fitur ini akan berguna jika kalian bepergian ke negara-negara yang memblokir penggunaan WhatsApp. Jadi, kalian tak perlu menggunakan internet untuk berbagi pesan namun menggunakan alamat proxy yang sudah disediakan per wilayah.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini