icon-category Travel

5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Samosir

  • 08 Oct 2018 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Kumparan)

    Uzone.id - Berlibur ke Danau Toba tidak lengkap tanpa bermalam di Pulau Samosir. Pulau vulkanik yang terletak di Sumatera Utara ini sangat unik, karena berada di tengah Danau Toba.

    Mengutip Wonderful Indonesia, Pulau Samosir merupakan jantung budaya Batak Toba. Masih dari sumber yang sama, selain dapat menghirup udara segar di tepi danau, kamu bisa melakukan lima hal seru berikut ini di Pulau Samosir.

    Berbelanja di Pasar Tomok

    Tomok merupakan desa yang menjadi salah satu pintu masuk ke Pulau Samosir.

    Selain bisa berbelanja banyak hal--mulai dari cendera mata, buah dan sayur segar, ikan, daging, sampai rempah-rempah--kamu bisa menyaksikan dan merasakan denyut kehidupan masyarakat lokal.

    Memuaskan rasa lapar dengan memakan Mie Gomak

    Mie Gomak merupakan mie dengan kuah kari khas Batak Toba. Gomak sendiri berasal dari kata 'digomak' yang berarti disiapkan dengan tangan.

    Baca: 5 Makanan Unik Khas Banyuwangi, Kamu Sudah Coba?

    Ada dua versi penyajian Mie Gomak, yaitu direbus atau digoreng. Mie Gomak berwarna oranye muda. Mienya bertekstur cukup tebal dan berbentuk persegi. Kuah karinya memiliki aroma dan rasa yang khas, tapi tidak terlalu pedas.

    Hidangan ini disajikan bersama bumbu dari kelapa parut kering, sambal dari andaliman, dan telur rebus. Waktu terbaik untuk mengonsumsi Mie Gomak adalah ketika cuaca sedang dingin.

    Mencoba memakai ulos

    Ulos merupakan kain tentu khas Batak. Ulos melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anak, atau antara seseorang dengan orang lain.

    Ulos memiliki fungsi simbolis dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Batak. Ulos juga memiliki berbagai warna dan motif dengan makna dan peruntukan upacara adat yang berbeda-beda--mulai dari upacara adat kelahiran, pernikahan, hingga pemakaman.

    Baca: Ini Destinasi Wisata di Palu dan Donggala yang Terkena Gempa

    Belajar Tari Tor Tor

    Tor Tor adalah tarian khas Batak. Biasanya, tarian ini diiringi alat musik bernama gondang. Pada acara yang meriah, irama musik akan mengalun dengan lebih ceria, dibandingkan dengan upacara adat seperti pemakaman.

    Gerakan tarian ini dominan di jari. Saat menari, para penari akan mengenakan ulos yang diletakkan di bahu mereka.

    Bersepeda di sekitar Pulau Samosir

    Ini merupakan aktivitas menyenangkan, karena kamu dapat menjelajahi keindahan pulau. Jalur dari Ambarita ke Tomok menyajikan pemandangan yang memanjakan mata, meski ada beberapa jalur yang sangat bergelombang.

    Semakin ke atas bukit, pemandangan yang tersaji semakin menakjubkan. Ada hamparan sawah dan lanskap tepi danau yang membuat kamu terperangah.

    Penasaran? Kamu bisa menyewa sepeda dengan sangat mudah, karena ada banyak tempat yang menyewakan sepeda.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini