home ×
Digilife

5 Juli, Pengganti Jeff Bezos Siap Duduki Kursi CEO Amazon

27 May 2021 By
5 Juli, Pengganti Jeff Bezos Siap Duduki Kursi CEO Amazon
Share
Share
Share
Share

Foto: The Verge

Uzone.id -- Miliarder Jeff Bezos telah mengumumkan pengunduran dirinya dari pucuk pimpinan Amazon sejak Februari lalu. Posisinya tak lama lagi akan digantikan oleh Andy Jassy pada 5 Juli 2021.

Amazon mengumumkan hal ini pada pertemuan saham Rabu kemarin (26/5), bahwa Jassy resmi akan menjadi CEO Amazon pada 5 Juli mendatang. Alasan di balik pemilihan 5 Juli adalah tanggal itu merupakan peringatan ulang tahun Amazon ke-27.

Sampai menunggu pengesahan sebagai CEO Amazon, Jassy saat ini masih menjabat sebagai CEO Amazon Web Services (AWS), teknologi komputasi awan (cloud computing) yang mendukung layanan populer seperti Netflix, Spotify, Fortnite, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Andy Jassy, Calon Bos Amazon Pengganti Jeff Bezos

Mengutip The Verge, Jassy sendiri dianggap sebagai salah satu eksekutif paling penting sepanjang sejarah Amazon. Ia memimpin AWS sampai layanan ini sukses dan digunakan oleh banyak perusahaan besar.

Jassy bergabung di Amazon pada akhir 1990-an, dan ia ditempatkan di divisi yang kemudian menjadi AWS pada 2003. Sejak saat itu, AWS menjadi layanan yang berkontribusi besar bagi pendapatan Amazon, contohnya pada kuartal I 2021 sekitar USD13,5 miliar.

Dengan diangkatnya Jassy menjadi CEO Amazon, Bezos nantinya akan menjadi executive chair di dewan perusahaan.

Baca juga: Jeff Bezos Mundur dari CEO Amazon

“Sebagai executive chair, saya akan tetap terikat dalam inisiatif penting Amazon, sembari menyisakan waktu dan energi untuk fokus pada Day 1 Fund, Bezos Earth Fund, Blue Origin, dan passion saya yang lain,” ungkap Bezos pada Februari lalu setelah mengumumkan dirinya angkat kaki dari peran CEO.

Kabarnya, ketika sudah menyandang status CEO, Jassy akan memimpin perusahaan dengan gaya yang tak jauh berbeda dari Bezos, namun tentunya dengan banyak harapan bagi masa depan perusahaan mengingat AWS yang ia pimpin dapat menuju kesuksesan yang begitu besar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id