Gadget

5 Keunggulan Layar OLED di ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513), Harganya Rp8,5 Juta

  • 24 September 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - ASUS baru saja memperkenalkan jajaran laptop dengan layar OLED ke pasar Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian adlaah ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) karena harganya yang masih terjangkau ketimbang tiga varian laptop lainnya.

    Dalam peluncuran yang dilakukan tadi malam di YouTube Channel Asus Indonesia, penyanyi yang juga dokter, Indahkus memegang laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513). Dia menjelaskan jika laptop ini sangat memanjakan matanya. Asus ini memiliki HD Webcam, NanoEdge Display dengan 85 persen screen to body ratio, layar FHD OLED HDR dengan 100 persen DCPI-P3 berukuran 15,6 inci.

    IndahKus

    Penyanyi dan Dokter, Indahkus

    "Aku lebih mentingin kesehatan mata. Kalau malam-malam pakai, mau brightness-nya full pun akan tetap enak di mata. Full HD dan bobotnya juga ringan, jadi enak dibawa-bawa," ujar Indahkus.

    Dipaparkannya, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) memiliki audio yang menggelegar karena dibekali teknologi dari Harman/Kardon. Bobotnya pun cukup ringan dengan berat 1,8 kilogram dan tipis dengan dimensi hanya 1.79 mm. Prosesornya dibekali Intel Core i5 Up to 11th Gen dengan GPU Intel Iris Xe. Dilengkapi juga dengan NVMe PCIe SSD dan SATA 2.5" sebesar 256GB. Memori yang diusungnya adalah 4GB DDR4 yang bisa di-upgrade sampai 12GB.

    Baca juga: Asus ExpertBook B5 Flip Resmi Hadir di Indonesia, Harga Mulai Rp15 Jutaan

    "Kalau aku pas kuliah dulu tahu ada ASUS seperti ini, aku akan lebih memilih ASUS untuk jadi laptop pertama aku, karena harga ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini sendiri hanya Rp8.599.000," kata IndahKus.

    Tiga varian laptop lainnya, seperti ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dibanderol dengan harga yang lebih mahal yakni Rp42.999.000, lalu ZenBook Pro15 OLED (UX535) dijual dengan harga Rp23.999.000, sedangkan ZenBook Flip S OLED (UX371) dibanderol Rp24.999.000.

    K513 OLED 1920x1080px_06

    Kelebihan Layar OLED
    Menurut pihak ASUS, teknologi OLED pada layar yang diadopsi laptop ASUS dijamin akan memanjakan mata penggunanya sehingga bisa menjaga kesehatan mata. Itu yang terpenting. ASUS OLED diklaim akan membawa pengalaman menggunakan laptop ke tingkat selanjutnya dengan kualitas visual yang kaya warna, serta akurat, dan lebih aman untuk kesehatan mata.

    “Inovasi ASUS tidak hanya sebatas pada performa saja dan ASUS OLED adalah bukti komitmen kami pada inovasi teknologi visual pada layar laptop. Terpenting, ASUS OLED juga sangat cocok untuk para content creator karena mampu menampilkan warna yang sangat kaya serta akurat,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

    Setidaknya ada lima kelebihan teknologi layar OLED yang dipaparkan ASUS.

    Baca juga: ASUS Perkenalkan Laptop Gaming ROG Strix G15 Advantage Edition

    1. Warna Akurat
    ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik dan diklaim sesuai dengan standar perfilman saat ini. Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED juga telah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

    2. Aman di Mata
    Paparan radiasi sinar biru pada layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan pada mata bahkan dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70 persen. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

    Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

    3. Tampilan Jernih
    ASUS OLED juga menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60 persen lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.

    Berkat color volume yang lebih besar, laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED bahkan tetap mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, serta akurat pada tingkat kecerahan rendah dimana layar laptop pada umumnya hanya mampu mereproduksi warna sebesar 11 persen.

    4. Detail Warna dan Visual
    Laptop ini tidak lagi menggunakan panel backlight melainkan menggunakan jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. Rasio kontrasnya hingga 1.000.000:1 sehingga Anda dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas.

    ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Artinya, Anda juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED.

    5. Jauh dari Efek Blur
    Menikmati sajian multimedia dengan gerak visual yang cepat seperti pada film action seringkali menampilkan efek blur yang mengganggu mata. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat kencang yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya.

    Sudah saatnya kita beralih ke layar OLED.