icon-category News

5 Kiat Menghadapi Tes CPNS 2018

  • 19 Sep 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka pada Rabu (19/9/2018). Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online, melalui laman resmi sscn.bkn.go.id.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, ada 238.015 formasi untuk para pencari kerja. Jumlah itu terdiri dari 51.271 formasi penempatan di kementerian atau lembaga pusat, dan 186.744 formasi penempatan di daerah.

Untuk bisa lolos seleksi CPNS tentu bukan hal mudah, karena kesempatan ini diperebutkan oleh ribuan orang di Indonesia. Meski demikian, kamu jangan berkecil hati.  

Berikut ini lima kiat menghadapi tes CPNS 2018, berdasarkan hasil wawancara Uzone.id dengan dua PNS.

Menyiapkan berkas dari jauh-jauh hari

Suluh Kartiko (26), PNS di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kementerian PUPR) mengatakan, hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu terkait persyaratan.

Baca: CPNS 2018 Dibuka Hari ini, Berikut Alur Pendaftaran Online

Membaca dan melengkapi persyaratan terkait pendaftaran CPNS dan administrasi instansi yang akan dipilih itu sangat penting.

Seorang PNS yang tidak ingin identitasnya disebutkan pun mengatakan, “Karena sudah tahu dari jauh-jauh hari ada pendaftaran, yang pertama saya lakukan adalah menyiapkan segala macam berkas.”

via GIPHY

Mempelajari soal-soal tes CPNS

Kedua, Suluh mengingatkan untuk mempelajari latihan soal tes CPNS melalui buku yang dijual di toko buku, atau media lainnya seperti internet, media sosial, dan lain-lain.

Menurut Suluh, persiapan ini sangat membantu memberikan gambaran soal. Dengan membaca, kamu pun menjadi lebih terlatih untuk menghadapi tipe-tipe soal tes CPNS.

”Belajar soal sesering mungkin hingga hafal model soalnya, kan banyak, ya, buku-buku latihan soal tes CPNS. Itu harus diulang-ulang belajarnya. Ketika ujian, tinggal mengerjakan. Yang bisa langsung dikerjakan, yang tidak bisa dilompat dulu,” ujar narasumber yang tidak ingin identitasnya disebutkan itu.

Baca: Agar Kembali Semangat Bekerja, Ini Kiat Move On dari Libur Panjang

Cek lokasi sehari sebelum ujian

Mengecek lokasi sehari atau beberapa hari sebelum ujian juga perlu. Sebab, lokasi ujian terletak di tempat-tempat tertentu.

Suluh mengatakan, bagi peserta yang tidak mengenali lokasi ujian, sebaiknya mengecek lokasinya terlebih dahulu.

Memilih yang sesuai dengan latar belakang pendidikan

Dulu, pelamar masih bisa mendaftar untuk lebih dari dua jabatan. Namun kini, kamu hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan pada satu formasi di satu instansi.

Setiap instansi yang membuka lowongan pasti mencantumkan formasi dengan latar pendidikan tertentu. Karena itu, menurut Suluh sangat penting memilih lowongan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

“Agar sesuai dengan tugas dan fungsi instansi terkait, sehingga dapat mengembangkan ilmu yang kita punya,” ujarnya.

Baca: 5 Kiat Meningkatkan Jumlah Follower Versi Alitt Susanto

via GIPHY

Menyiapkan mental saat wawancara

Persiapan mental sangat dibutuhkan saat tes terakhir, yaitu wawancara. Demikian menurut narasumber yang tidak ingin identitasnya disebut.

Dia mengatakan, “Kalau saya belajar dari Youtube tentang cara wawancara, dan lain-lain, karena enggak mudah, ya, bisa menembus sampai wawancara saat tes CPNS.”

Selebihnya, berdoa dan berserah. “Berdoa dan berlatih soal agar siap ketika menghadapi ujian, serahkan hasilnya kepada Allah SWT. Seperti kata Via Vallen, kalau menang berprestasi, kalau kalah jangan frustasi,” ujar Suluh.

So, sukses buat kamu yang ingin mendaftar CPNS! Semoga kiat-kiat di atas bisa membantu kamu menghadapi tes CPNS 2018.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini