icon-category Digilife

5 Rekomendasi Aplikasi Kasir buat Permudah Bisnis UMKM

  • 23 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Menjalankan bisnis di era serba canggih semakin dipermudah dengan berbagai tool untuk menunjang hal operasional. Contohnya saja aplikasi kasir yang sekarang banyak digunakan untuk mencatat semua transaksi bisnis kalian dengan mudah.

Kalian bisa mencatat transaksi pembelian produk di toko kalian tanpa harus membuat buku transaksi secara manual. Yang paling penting, aplikasi kasir sangat berguna karena lebih praktis dan minim kesalahan karena disertai dengan kalkulator.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari aplikasi kasir untuk bisnis kalian, berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kalian gunakan.

Kasir Pintar

Yang pertama ada Kasir Pintar, kalian bisa menggunakan aplikasi ini lewat smartphone atau tablet. Ada beberapa fitur yang bisa kalian gunakan, yaitu Point Of Sales untuk proses penjualan, Manajemen Stok Barang (Inventory) untuk mengatur pengelolaan stok barang yang tersedia, pengoptimalan Pembayaran Digital dengan QRIS, Laporan Usaha Lengkap, Pembayaran Online dengan PPOB Kasir Pintar, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga perangkat mesin kasir yang disediakan Kasir Pintar. Bagi pengguna baru, Kasir Pintar memberikan trial 30 hari secara gratis pada pengguna. Namun, kalian juga bisa menggunakan Kasir Pintar secara gratis dengan beberapa benefit.

Kasir Pintar Free tersedia dengan benefit transaksi tidak terbatas, kapasitas penyimpanan gambar 10 MB, PPOB, manajemen Barang hingga 1.000 Data, laporan standar, struk dengan watermark dan hanya digunakan oleh satu user atau single user.

Namun, bagi pengguna yang ingin menggunakan Kasir Pintar dengan fitur lebih banyak, kalian bisa menggunakan Kasir Pintar Pro seharga Rp55 ribu per bulan. 

Kasir Pintar Pro memiliki benefit transaksi tidak terbatas & bisa melihat semua data, kapasitas penyimpanan 10 MB dan akses untuk upgrade kapasitas penyimpanan, PPOB, manajemen barang hingga 10 ribu data, 10 lebih laporan standar, struk tanpa watermark dan multi-user (hingga 5 akun staff)

Cazh POS

Selanjutnya ada Cazh POS dari PT Cazh Teknologi Inovasi aplikasi kasir ini tersedia untuk pengguna Android, tablet, dan PC sehingga kalian bisa menjadikan smartphone sebagai pengganti mesin kasir toko untuk berbagai jenis usaha. 

Aplikasi kasir ini melayani berbagai jenis usaha seperti toko kelontong, laundry, barbershop, salon, klinik kecantikan, waralaba, cafe, restoran, pedagang kaki lima, cuci mobil , kantin, toko listrik, toko gadget, butik, toko pakaian bahkan warteg dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga melayani bisnis pembayaran Listrik, PDAM, PLN, Telkom, Angsuran Multifinance, Paket data, Aplikasi PPOB yang memberikan komisi.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi Cazh adalah fitur transaksi yang bisa mencatat semua transaksi penjualan dengan semua tipe pembayaran, menerima transaksi pembayaran QRIS dan semua e-wallet, menyimpan transaksi tertunda (pay later), sistem transaksi dengan pembulatan angka pada saat penjualan, rekap penjualan per kasir, void transaksi dengan otorisasi, transaksi pengeluaran toko cabang dan masih banyak lagi.

Untuk produk, fitur yang tersedia adalah adanya pengaturan kategori produk, penambahan produk massal dengan excel. Ada juga fitur untuk mengelola stok seperti kartu stok untuk info seluruh stok, transfer stok antar outlet, penyesuaian stok, laporan akhir dan masih banyak lagi.

Ada juga fitur untuk mengelola promo seperti membuat promo otomatis, diskon, buy X get Y, sistem poin dan loyalti, serta fitur laporan keuangan.

Livin Merchant 

Ada juga aplikasi kasir Livin Merchant yang dirilis oleh Bank Mandiri, aplikasi ini memiliki kegunaan yang sama yaitu meningkatkan pelayanan kasir dari penjual ke pembeli. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan juga App Store.

Di aplikasi ini, terdapat fitur-fitur seperti pendaftaran akun merchant, katalog produk, penerimaan pembayaran dengan berbagai metode, hingga memudahkan toko online untuk menjual produk kepada para pembeli.

Mengutip dari situs resminya, fitur-fitur yang ada di Livin Merchant bisa digunakan secara gratis atau tanpa biaya.

Walaupun diluncurkan oleh Bank Mandiri, namun aplikasi Livin' Merchant disebut bisa digunakan oleh siapa saja, khususnya para pebisnis yang sudah menjadi nasabah Bank Mandiri. 

Moka POS

Aplikasi kasir lain yang bisa kalian coba adalah aplikasi Moka POS. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur termasuk Point of Sale untuk mengelola usaha offline lewat aplikasi untuk mendapatkan data menarik dari transaksi, mengelola pesanan lebih cepat & akurat dengan Contactless Order, mengelola pesanan online to offline.

Untuk menggunakan Moka POS, kalian bisa menginstall aplikasi ini dari Google Play Store, App Store atau di ponsel, iPad atau tablet Android kalian. Untuk mendapatkan semua fitur premium yang ada di Moka, kalian bisa membayar sebanyak Rp299ribu/bulan/outlet untuk biaya berlangganan.

Qasir

Lalu ada aplikasi Qasir yang bisa kalian gunakan. Aplikasi ini melayani usaha online dan juga offline di semua jenis usaha, seperti makanan dan minuman, usaha bidang fashion, toko retail, usaha jasa, hingga online shop.

Beberapa fitur yang ditawarkan adalah kelola Produk dan Penjualan, termasuk menyederhanakan sistem pengelolaan produk, pengaturan stok, pencatatan transaksi, hingga buat struk untuk pelanggan. Layanan lain adalah menyediakan berbagai pelayanan cashless termasuk e-wallet dan QRIS, memantau usahamu dengan akses laporan penjualan real time di mana saja dan kapan saja, dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan aplikasi dan layanan kasir premium dari Qasir, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp99.000 per bulan saja.

Nah itu tadi 5 rekomendasi aplikasi kasir untuk menunjang bisnis kalian. Selamat mencoba!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini