icon-category Digilife

5 Search Engine Terpopuler di Indonesia, Ada Yandex?

Ilustrasi netizen saat mencari informasi di internet (Foto: LinkedIn Sales Solutions/Unsplash)

Uzone.id - Browsing di internet sudah jadi kegiatan umum yang dilakukan oleh masyarakat sekarang. Mau mencari informasi apapun, tinggal buka saja search engine di smartphone, tablet, PC/laptop, bahkan hingga smart TV, lalu ketikkan saja kata kunci yang terpikirkan. 

Dalam sekejap, hasil pencarian bakal langsung tampil dalam sekejap. Ya, cari informasi sekarang memang semudah itu.

Berbicara soal search engine, Google Search menjadi salah satu platform pencarian yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk browsingan di internet, apalagi di Indonesia. 

Terbukti dari data Statcounter, Google adalah mesin pencari yang paling sering dimanfaatkan oleh netizen di Indonesia untuk mencari berbagai informasi, setidaknya mencapai 97,33 persen dari total pengguna internet di tanah air.

Baca juga: ABG Pembunuh Bocah di Makassar Terpengaruh Situs yang Ditemukan via Yandex

Secara global, search engine ini dipakai oleh hampir 92 persen pengguna internet di dunia. Alhasil, Google pun menjadi mesin pencari paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Banyak alasan mengapa Google begitu terikat dengan pengguna internet dunia. Salah satunya adalah penggunaan algoritma kompleks untuk mencari dan mengelompokkan informasi yang tersimpan di internet.

Pengguna dapat dengan mudah menemukan apapun yang mereka cari, baik itu gambar, berita, video, bahkan sampai rekomendasi toko. 

Search engine paling populer di Indonesia selain Google

Google Search memang begitu dominan. Namun di Indonesia, mesin pencari ini bukanlah satu-satunya pilihan untuk mencari informasi yang diperlukan.

Masih dari data Statcounter, Bing buatan Microsoft berada di posisi kedua sebagai search engine paling sering digunakan di Indonesia dengan persentase 0,88 persen, disusul Yahoo! Dengan 0,76 persen, dan Yandex yang menempati urutan keempat dengan total 0,62 persen.

Baca juga: Minggir, TikTok Tak Lagi Pegang Tahta Penguasa Internet

Menutup 5 besar search engine paling sering digunakan di Indonesia, adalah DuckDuckGo.  Semenara 0,03 persen pengguna internet Indonesia lainnya, menggunakan search engine lainnya.

Adapun data dari Statcounter ini mencakup banyak perangkat, termasuk mobile atau smartphone, tablet, sampai PC desktop.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini