icon-category Digilife

Minggir, TikTok Tak Lagi Pegang Tahta Penguasa Internet

  • 03 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Rami Al-zayat/Unsplash

Uzone.id - Selama kurang lebih 2 tahun, TikTok berhasil menguasai internet dengan jutaan pengguna aktif bulanan. Saking populernya, TikTok sudah seperti trendsetter karena berbagai platform ikut-ikutan menghadirkan fitur video pendek.

Tapi, dominasi tersebut mulai surut. Terbukti dalam laporan Year in Review yang dirilis Cloudflare, TikTok tak lagi jadi rajanya internet di tahun 2022.

Layanan internet paling populer sepanjang 2022 adalah Google di posisi pertama, disusul oleh Facebook di posisi kedua dan juga Apple dan TikTok di posisi ketiga, selanjutnya ada YouTube di posisi keempat, berikut 10 besar layanan internet paling populer sepanjang 2022 versi Cloudflare:

Baca juga: Kaleidoskop 2022: Drama Google Dkk Diblokir, Bjorka hingga Piala Dunia

  1. Google
  2. Facebook
  3. Apple, TikTok 
  4. YouTube
  5. Microsoft
  6. Amazon Web Services
  7. Instagram
  8. Amazon
  9. iCloud, Netflix, Twitter, Yahoo 

Hasil survei ini dilakukan berdasarkan algoritma baru dan mengelompokkan domain yang dimiliki oleh satu layanan, seperti google.com, mail.google.com dan lainnya ke dalam satu layanan Google.

Selanjutnya, dalam kategori trafik pun TikTok tak lagi yang pertama. Layanan dari Meta, Facebook berhasil berada di posisi pertama sosial media dengan trafik paling tinggi.

Disusul oleh TikTok di posisi kedua, Instagram di posisi ketiga dan Twitter di posisi keempat. Berikut list lengkapnya.

  1. Facebook
  2. TikTok
  3. Instagram
  4. Twitter
  5. Snapchat
  6. LinkedIn
  7. Discord
  8. Reddit
  9. Pinterest
  10. Kwai

Baca juga: Recap News Penutup 2022: Teror Mixue, PPKM dan YouTube Rewind Indonesia

Cloudflare juga mencatat adanya pertumbuhan trafik secara global sepanjang 2022 dengan kenaikan 23 persen. Trafik di akhir November 2022 juga dilaporkan melonjak. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan trafik selama 2022, termasuk trafik belanja di e-commerce dan Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini