home ×
Digilife

5 Tips Agar Pembelajaran Jarak Jauh Berlangsung Sukses

07 July 2021 By
5 Tips Agar Pembelajaran Jarak Jauh Berlangsung Sukses
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pandemi masih belum berakhir. Seluruh kegiatan baik perekonomian, bisnis, hingga pendidikan sebagian besar masih dilaksanakan dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun masih dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Semakin lama melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, pasti bukan hanya siswa saja yang mengalami kesulitan. Di sisi para pendidik pun, banyak yang mengalami hal serupa.

Untuk membantu Anda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Nadiem Makariem pun memberikan tipsnya. Berikut adalah tips agar pembelajaran jarak jauh bisa berjalan sukses dan efektif selama masa pandemi seperti yang dilansir dari situs Kemendikbud.

  1. Membagi kelas menjadi kelompok kecil

Guru bisa membentuk beberapa kelompok belajar kecil dalam satu kelas. Supaya lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran, siswa di kelas dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat kompetensi yang sama.

Tentu Anda sudah paham pemetaan kompetensi tiap anak di masing-masing kelas yang Anda pegang. Harapannya, dengan cara belajar ini guru nantinya bisa memetakan topik bahasan yang menjadi fokus pada kelompok tersebut.

  1. Mencoba Project Based Learning

Dengan membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama tadi, guru pun bisa memberikan penugasan kepada mereka dengan pembelajaran Project Based Learning.

Diharapkan dengan pembelajaran ini, tiap siswa dapat memunculkan rasa kerjasama dan empatinya meski terhalang oleh jarak. Secara tidak langsung, cara ini juga akan menghilangkan rasa jenuh siswa yang selama ini mungkin hanya diberikan pelajaran secara satu arah via daring.

  1. Alokasikan waktu bagi murid yang tertinggal

Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama dalam menyerap pelajaran yang guru jelaskan. Apalagi di sistem Pembelajaran Jarak Jauh ini semakin sulit untuk mengejar ketertinggalan siswa.

Oleh karena itu, Anda bisa menjadwalkan kegiatan belajar tambahan bagi siswa yang sulit fokus jika belajar bersama dengan teman yang lainnya. Hal ini juga bisa menjadikan mereka lebih percaya diri jika nantinya sekolah tatap muka dilaksanakan kembali.

  1. Tidak perlu kejar target silabus

Apabila para Guru masih mengejar semua target silabus, tentu ini tidak akan efektif. Bahkan, bisa saja siswa akan banyak yang mengalami kesulitan. Guru bisa mengalokasikan waktu untuk memberikan informasi tentang kemampuan yang bersifat fundamental bagi siswa.

Artinya, kemampuan ini akan menjadikan siswa sukses di berbagai mata pelajaran. Anda bisa memberikan pengetahuan mengenai literasi, numerasi, dan bahkan pendidikan karakter.

  1. Bersenang-senang

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah untuk have fun atau bersenang-senang. Mengajar bukanlah hal yang mudah. Di masa pandemi ini guru pun rentan untuk stres.

Namun, bukan berarti dalam kegiatan belajar mengajar tersebut Guru tidak bisa membangun suasana yang menyenangkan, bukan? Tanamkan bahwa mengajar itu menyenangkan meski terpisah jarak. Buat suasana positif dan seru saat mengajar. Energi positif ini pasti akan berdampak positif bagi siswa yang diajar.

Itu tadi 5 tips agar proses belajar di masa pandemi bisa berjalan sukses dan efektif. Bagaimana? Apakah Anda sudah menerapkannya? Bagi para Guru yang ingin meningkatkan keterampilan dan pengembangan karier bisa langsung mengikuti pelatihan di Gurubinar.id.

Gurubinar merupakan platform yang bertujuan untuk pengembangan karier guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme.

Guru bisa mengikuti berbagai kelas daring untuk meningkatkan kompetensi mengajar di kelas, mengikuti berbagai sesi webinar, materi inovasi belajar, menjadi master trainer dan ambasador untuk guru lainnya. Abanyak pilihan kelas atau webinar yang dapat meningkatkan kompetensi para Guru dengan harga yang terjangkau. Ayo, coba sekarang!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id