home ×
Digilife

5 Tips Belanja Online 11.11 Anti Kalap

11 November 2020 By
5 Tips Belanja Online 11.11 Anti Kalap
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: freestocks / Unsplash)

Uzone.id -- Hari Belanja Online Nasional 11.11 pada hari ini, Rabu (11/11) bisa dibilang tetap heboh seperti tahun-tahun sebelumnya meskipun pandemi masih melanda. Siapa yang tidak tergiur dengan potongan harga dan promo besar-besaran?

Harbolnas 11.11 yang selalu digelar oleh platform e-commerce ini memang kerap dinantikan oleh netizen Tanah Air. Tinggal pilih barang yang diinginkan, checkout, melakukan pembayaran, selesai.

Tapi, meskipun diskon dan promo di sana-sini, tentu kalian gak mau ‘kan jadi pembeli yang kalap alias dibutakan oleh harga miring dan ujung-ujungnya pengeluaran jadi boros dan menyesal di kemudian hari? Berikut ada beberapa tips belanja online tetap pintar saat Harbolnas 11.11.

1. List barang atau produk yang dibutuhkan
Sebelum kalap, bijaknya kita bikin daftar produk atau barang apa saja yang kira-kira akan diincar dan dibeli.

Ingat, usahakan kita memasukan barang yang dibutuhkan terlebih dahulu ketimbang barang yang diinginkan. Gimana cara membedakannya? Ya tentu saja dilihat dari kebutuhan. Tidak salah memang jika ingin membeli barang yang diidam-idamkan sejak lama, namun tetap perlu diingat untuk selalu memprioritaskan produk yang kita butuhkan dulu, ya.

Baca juga: Harbolnas 11.11 dan Sejarah Hari Jomblo

2. Tentukan bujet
Yup, di mana-mana soal mengatur dan menentukan bujet itu penting sebelum kita berbelanja. Dari awal harus bisa menentukan berapa bujet yang akan dikeluarkan khusus belanja 11.11 ini.

Setelah tahu apa saja yang ingin kita beli, langsung tentukan bujet dari tabungan agar bisa menyesuaikan dari tipe barang dan keuangan kita pada saat itu. Harus realistis dan jangan sampai mengganggu pundi-pundi tabunganmu yang lain ya!

3. Jangan gampang terbuai dengan promo atau trik marketing
Hal ini pastinya penting juga, karena terkadang promo atau trik pemasaran di platform tertentu atau bahkan dari si merchant harus kita perhatikan dengan seksama.

Tak sedikit promo atau marketing macam-macam justru malah menyeret kita menjadi lebih boros dari niat awal yang cuma ingin membelanjakan sekian rupiah saja.

Baca juga: 5 Fakta Kebiasaan Netizen +62 Belanja Online, Masih Jaman Bayar COD?

4. Cek deskripsi dan ulasan produk
Walaupun sudah sering belanja online, tidak ada salahnya tetap mengecek dan teliti untuk membaca deskripsi dan ulasan produk yang akan dibeli. Jangan hanya karena harganya sedang murah, tapi kita melupakan kualitasnya.

5. Bandingkan harga di e-commerce lain
Kalau kalian ada waktu senggang, tidak ada salahnya juga membandingkan harga produk yang akan dibeli di e-commerce lain. Siapa tahu ada promo atau penawaran lain yang lebih ciamik. Lumayan bisa menghemat bujet!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Fikri 2103 11 November 2020 | 14:16:48

cuci bersih lalu direbus dengan air hangat dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan menyenangkan dan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article