Gadget

5 Tren Kamera Ponsel di 2021, dari Rekam 8K sampai Resolusi Tinggi

  • 05 January 2021
  • Bagikan :

    Uzone.id - Dalam beberapa tahun terakhir, para perusahaan teknologi telah membuat kemajuan besar dalam inovasi kamera ponsel pintar. Bahkan, ponsel pintar kelas menengah kini ada yang sudah menawarkan kamera berkemampuan merekam video 4K, seperti Xiaomi Mi Note 10 Pro.

    Lantas, apakah pengembangan teknologi kamera ponsel pintar hanya sampai di situ? Tentu tidak. Seperti dikutip Uzone.id dari Android Authority, ada beberapa prediksi inovasi yang bakal hadir pada kamera ponsel pintar di 2021.

    Perekaman video 8K

    Tahun lalu telah menjadi tahun kelahiran ponsel pintar berkemampuan perekaman video 8K. Samsung telah melakukannya di jajaran Galaxy S20. Demikian pula Xiaomi melalui Mi 10.

    Meski mengonsumsi video beresolusi 8K belum menjadi tren di masyarakat, hal itu tidak menghentikan Samsung, Xiaomi, dan produsen ponsel pintar lainnya untuk menghadirkan perekaman video 8K.

    Vendor-vendor tersebut diperkirakan akan menyempurnakan ponsel pintar mereka dengan perekaman video 8K.

    Lebih banyak vendor yang mengadopsi kamera resolusi tinggi

    Perekaman video 4K memerlukan kamera beresolusi 8MP atau lebih tinggi. Sementara itu, perekaman video 8K membutuhkan kamera dengan resolusi 33MP atau lebih tinggi.

    Jika lebih banyak pabrikan mengadopsi perekaman video 8K, mereka harus mengadopsi kamera beresolusi kamera 33MP atau lebih tinggi.

    Baca juga: Samsung Tampilkan Galaxy Buds Pro di Situs Web Resminya

    Peningkatan perekaman video 4K

    Ponsel pintar dengan perekaman video 8K mungkin akan menjadi populer. Namun, itu bukan berarti para vendor melupakan perekaman video 4K.

    Sony Xperia 5 II yang dirilis pada akhir 2020, misalnya. Ponsel pintar seharga USD950 (sekitar Rp13,2 juta) ini mendukung perekaman video slow motion berkualitas 4K HDR 120fps. Peningkatan seperti ini diprediksi bakal menjadi tren di 2021.

    Dua kamera telefoto untuk lebih banyak ponsel pintar flagship

    Mi Note 10, yang diluncurkan pada 2019, menjadi ponsel pintar pertama dengan dua kamera telefoto. Sejak saat itu, banyak perangkat yang menghadirkan teknologi serupa, seperti Mi 10 Pro, Vivo X50 Pro dan Pro Plus, Huawei P40 Pro Plus, dan Mate 40 Pro Plus.

    Kini, Samsung Galaxy S21 juga dirumorkan mengadopsi dua kamera telefoto. Dengan demikian, Huawei, Vivo, dan Xiaomi kemungkinan meramaikan tren ini.

    Baca juga: Dua Prototipe iPhone Lipat Lolos Uji Foxconn

    Kamera di bawah layar

    Produsen ponsel pintar ZTE telah memperkenalkan ponsel pertama mereka dengan teknologi kamera di tawah layar (under-display camera) pada 2020. Teknologi baru ini mengandalkan lapisan transparan untuk memungkinkan kamera mengambil gambar melalui layar. Oppo juga dikabarkan pernah memamerkan teknologi ini.

    Sejak pertengahan 2019, sejumlah brand teknologi juga tampak ingin perlahan lepas dari layar notch sebagai tempat kamera depan, agar layar ponsel bisa sepenuhnya luas alias full-screen. Mereka mulai mengembangkan teknologi kamera di bawah layar.

    Tahun 2021, Xiaomi disebut-sebut akan memberi kejutan pasar ponsel pintar dengan teknologi kamera depan yang dibenamkan di bawah layar.