icon-category Gadget

5 Upgrade dan Kelebihan yang Dibawa Samsung Galaxy Z Flip4

Samsung Galaxy Z Flip4 (Foto: Susetyo/Uzone.id)

Uzone.id - Samsung Galaxy Z Flip4 baru saja diperkenalkan, dan memang sepintas desainnya bak pinang dibelah dua dengan Galaxy Z Flip3. Namun sebenarnya, ada kelebihan dan upgrade fitur yang disematkan Samsung pada Galaxy Z Flip4. Penasaran apa saja?

Sejak tahun lalu, Samsung mengubah stigma negatif dari smartphone lipat yang dikenal ringkih, wajib terlindungi, dan harus dipakai secara hati-hati. Pabrikan asal Korea Selatan itu memberikan upgrade signifikan pada build quality dan material pada Galaxy Z Fold3 maupun Galaxy Z Flip3.

Hal yang sama pun dilakukan Samsung pada seri smartphone lipat terbarunya, tak terkecuali Samsung Galaxy Z Flip4. Walau rupanya seperti sama, namun Samsung telah memperkuat engsel dan konstruksi keseluruhan untuk memastikan ponsel bisa bekerja lebih baik dalam jangka waktu yang lama.

Nah, berikut ini tim Uzone.id telah merangkum rangkaian kelebihan dan upgrade fitur yang dibawa Samsung Galaxy Z Flip4. Check this out, Uzoners!

Baca juga: Mau Pesan Samsung Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition? Baca Ini Dulu

Desain dan build quality yang lebih baik

Perubahan desain yang berubah tak jadi fokus Samsung untuk Galaxy Z Flip4. Kalau dilihat dengan seksama, memang ada beberapa perubahan halus pada smartphone lipat canggih ini.

Seperti layar bagian luar yang terlihat lebih lebar, meski ukurannya masih sama. Lensa kameranya pun sedikit mencuat ketimbang generasi sebelumnya.

Form factor Samsung Galaxy Z Flip4 juga sedikit lebih persegi, cenderung mirip kotak bedak kalau menurut netizen di Twitter yang membicarakannya. Bezel layar bagian dalam juga lebih tipis, memberikan pandangan yang terasa lebih maksimal kepada pengguna.

Kami rasa, ketimbang memperbanyak gimmick pada desain, Samsung lebih memilih untuk meningkatkan build quality perangkat dengan memakai material yang jauh lebih tangguh.

Yup, perubahan terbesar pada desain Samsung Galaxy Z Flip4 adalah engselnya yang dirancang ulang oleh Samsung. Sekarang engsel smartphone dibuat lebih ringkas dan kuat.

Perubahan engsel ini membuat bekas lipatan pada layar menjadi tak terlalu kelihatan. Info saja, di seri sebelumnya bekas lipatan di tengah-tengah layar kelihatan dengan cukup jelas, alhasil visualisasi pengguna pun sedikit terganggu.

Samsung Galaxy Z Flip4 masih menggunakan panel UTG alias ultra thin glass pada layar bagian dalamnya. Panel ini telah disempurnakan, terutama pada ketangguhannya berkat lapisan Gorilla Glass Victus+ yang jauh lebih kuat.

Lainnya, smartphone lipat ini juga sudah tahan air berkat rating IPX8. Sayang, Flip4 tidak tahan debu lantaran masih ada gap atau jarak antara layar bagian atas dan bawah saat dilipat, terutama di bagian tengahnya.

Segudang pilihan warna

Warna, jadi upgrade sekaligus kelebihan lainnya dari Samsung Galaxy Z Flip4. Ada banyak opsi warna yang bisa dipilih pengguna, salah satunya Bora Purple.

Warna Bora Purple diklaim bakal menjadi tren di tahun ini dan merupakan warna ciri khas dari Samsung Galaxy Z Flip4. Warna ini juga merepresentasikan boyband asal Korea Selatan, BTS yang jadi brand ambassador dari Samsung Galaxy Z Flip4. 

Warna lainnya, ada Graphite berkelir hitam yang tegas, Pink Gold yang feminim dan Blue yang pas disandingkan dengan fashion apapun.

Namun yang menarik, Samsung menyediakan Bespoke Edition dengan 75 kombinasi warna yang dapat dipilih pengguna. Edisi ini cuma tersedia secara online, sehingga pengguna bisa dengan bebas memilih warna perangkat sesuka hati melalui situs resmi Samsung.

Baca juga: Foto Samsung Galaxy Z Flip4 yang Bikin ARMY Tergoda

Warna-warna yang bisa dipilih mencakup bagian panel kamera belakang, bingkai serta engsel dan panel bawah dari smartphone. Cuma di Indonesia, warnanya terbatas dan tak memungkinkan pengguna untuk memilih warna sesuai keinginan mereka. 

Ada 5 warna Bespoke Edition untuk Samsung Galaxy Z Flip4, yakni Merah-Putih, Gold/Yellow/White, Black/Khaki/Khaki, Silver/White/White dan Silver/Navy/Navy.

Layar dengan sedikit fitur tambahan

Bagian layar memang tak ada ubahan yang berarti, selain memang lebih tangguh berkat Gorilla Glass Victus+. Layar bagian dalamnya menggunakan Dynamic AMOLED berukuran 6,7 inci yang sudah beresolusi Full HD+. Layar ini mendukung refresh rate 120Hz yang adaptif dan punya rasio 22:9 yang memanjang. 

Di luar, layar 1,9 inci tetap digunakan dengan resolusi 260 x 512 piksel yang masih sama. Hanya saja, kini layar luar ini punya penambahan fitur baru, seperti bisa menampilkan gambar khusus, GIF dan video dengan durasi 15 detik sebesar 100 MB maksimal.

Kemudian, pengguna pun bisa menaruh widget, termasuk opsi panggilan cepat hintta tiga kontak favorit. Lewat layar di luar, Samsung Galaxy Z Flip4 juga bisa dijadikan remote bagi perangkat pintar di rumah melalui aplikasi SmartThings. Pengaturan lainnya bisa diakses di sini, semisal Bluetooth dan Airplane Mode.

Dapur pacu kian gahar, baterai tahan lama

Upgrade signifikan sekaligus kelebihan paling diandalkan oleh Samsung Galaxy Z Flip4 adalah spesifikasi utamanya. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, yang tentu saja jauh lebih kencang ketimbang Snapdragon 888 pada Z Flip3.

Kemudian dipasangkan dengan RAM 8 GB, memori internal 128 GB, 256 GB dan opsi baru 512 GB yang lebih luas. Cuma, tetap tak ada slot microSD pada smartphone ini.

Bagian baterai pun ditingkatkan, walau tak terlalu besar selisihnya. Samsung Galaxy Z Flip4 ditopang baterai dengan kapasitas 3.700 mAh dan sudah didukung fast charging 25W, wireless charging 15W dan reverse wireless charging 4,5W.

Kamera lebih baik

Upgrade signifikan lain dari Samsung Galaxy Z Flip4 adalah kamera dengan segudang kelebihan. Smartphone ini mengusung kamera utama 12MP yang sama dengan Samsung Galaxy S21, S21+ dan S21 FE.

Sensornya cukup besar dengan ukuran 1/1.76” dengan besaran piksel mencapai 1.8µm. Dengan sensor yang lebih baik, Samsung mengklaim kalau kamera utama Galaxy Z Flip4 dapat menangkap 65 persen cahaya lebih banyak saat pengambilan foto malam.

Samsung pun menaruh fitur Auto FPS agar video yang diambil sata malam hari terlihat lebih terang dengan warna natural. Juga, kamera ini sudah didukung OIS atau optical image stabilization dan EIS atau electronic image stabilization.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip4 di Indonesia Lebih Murah dari Z Flip3

Sedangkan kamera ultra wide 12MP tanpa autofokus. Lalu kamera depan di lubang kamera pada layar di dalam, masih sama 10MP fixed-focus.

Untuk pengambilan gambarnya sendiri, pengguna bisa memanfaatkan Flex Mode untuk mengambil foto tanpa bantuan tripod. Pengguna pun masih bisa melakukan selfie dengan kamera utama dengan aspek rasio yang beragam, mulai dari 1:1, 4:3, 16:9 sampai 22:9.

Itu dia rangkuman upgrade dan kelebihan pada Samsung Galaxy Z Flip4 yang sudah beredar secara global, termasuk di Indonesia. Bila kalian tertarik untuk meminangnya, berikut daftar harga Samsung Galaxy Z Flip4 di Indonesia:

- Rp 13.999.000 (128GB)

- Rp 14.999.000 (256GB)

- Rp 15.499.000 (Bespoke Edition 256GB)

- Rp 16.999.000 (512GB)

VIDEO Hands-on Samsung Galaxy Z Flip4 dan Z Fold4:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini