home ×
Telco

5G Telkomsel Komersil 27 Mei 2021, Perlu Ganti Kartu?

21 May 2021 By
5G Telkomsel Komersil 27 Mei 2021, Perlu Ganti Kartu?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Telkomsel sudah dipastikan akan menjadi operator pertama di Indonesia yang akan menggelar jaringan internet generasi kelima atau 5G di tanah air secara komersial.

Hal ini dipastikan setelah operator terbesar tersebut sudah lolos Uji Laik Operasi (ULO). Selanjutnya Telkomsel sudah bisa menggelar jaringan 5G setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

“Sudah lolos ULO, sekarang tinggal menunggu saja SKLO untuk ditandatangani,” ujar sumber yang berbicara kepada Uzone.id, Jumat (21/5).

“Insya Allah tanggal 27 Mei 2021, Telkomsel akan commercial launching 5G,” tambah sumber tersebut.

Baca juga: 5G Telkomsel Meluncur 27 Mei 2021

Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di 6 lokasi residential Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra dan Alam Sutera.

Informasi dari sumber itu juga menyebutkan, bisa saja setelah SKLO diterima, Telkomsel langsung menggelar jaringan 5G tanpa harus menunggu peluncuran tanggal 27 Mei 2021 nanti.

“Namun kan itu butuh proses, selain memang tidak semua handset-nya mendukung (hanya di frekuensi 2.3 GHz) memang juga butuh registrasi khusus ke 5G, walaupun tanpa harus menukarkan kartu SIM baru ya,” tambah si sumber.

Menjadi operator pertama yang mengadakan ULO, Telkomsel pun berkoordinasi intensif dengan Kemenkominfo. ULO sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 01/PER/M.KOMINFO/01/2010 pasal 82.

Baca juga: Dua Operator Siap Komersialkan 5G?

ULO dilaksanakan dalam rangka melakukan pengujian terhadap seluruh sarana dan prasarana yang telah selesai dibangun untuk memastikan secara teknis perangkat tersebut siap dioperasikan serta memastikan semua pelayanan (dari mulai aspek jenis layanan/ produk/ service, kualitas layanan, akurasi tarif layanan, kesiapan layanan pra dan purna jual) siap diberikan kepada calon pelangan/ masyarakat, sehingga  tidak merugikan konsumen atau masyarakat ke depannya.

Telkomsel mengungkapkan, banyal hal yang diuntungkan dari implementasi 5G di Indonesia karena kecepatan data yang lebih cepat, latensi ultra-rendah, dan kemampuan koneksi perangkat yang masif. Oleh karena itu diyakini jika 5G akan menjadi landasan dari banyak inovasi. 5G akan mengubah banyak sektor ekonomi Indonesia dan menciptakan industri vertikal baru yang mungkin belum ada saat ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id