home ×
Gadget

6 Fitur dan 8 Filter di Kamera Xiaomi Mi 11 untuk Hasil Video Sinematik

31 March 2021 By
6 Fitur dan 8 Filter di Kamera Xiaomi Mi 11 untuk Hasil Video Sinematik
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Xiaomi Mi 11 hadir dengan performa yang sangat buas, baik dari sisi performa maupun kamera. Seri flagship dari Xiaomi ini tak hanya mampu menghadirkan tampilan layar yang sinematik tapi juga mampu menciptakan video dengan hasil yang menyerupai kualitas bioskop.

Dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888, layarnya juga dilengkapi dengan teknologi AMOLED DotDisplay dengan resolusi WQHD+ atau setara 3200 x 1440 pixel. Tak ketinggalan stereo dual speakers yang disetel oleh harman/kardon.

Mi 11 hadir dengan triple-camera system yang bisa diandalkan untuk menangkap segala momen dengan dramatis. Kamera utama menggunakan sensor 108MP dengan tujuh elemen lensa (7P) serta teknologi 4-in-1 Super Pixel yang membantu kamera smartphone menangkap lebih banyak cahaya sehingga andal digunakan dalam kondisi rendah cahaya.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 Ultra Punya DxOMark Tertinggi

Kamera ultra-wide mampu merekam dengan jarak pandang hingga 123 derajat dari depan lensa dengan diafragma f/2.4 sehingga tetap bisa digunakan dalam sebagian besar skenario pencahayaan. Sementara itu, kamera telemacro 5MP membantu penggunanya untuk merekam apapun yang terjadi dengan jarak 3-10cm di depan lensa. Untuk kamera depan, Mi 11 memiliki sensor dengan resolusi 20MP untuk menghasilkan foto maupun video dengan kualitas yang terbaik.

20210325151453_6U5A7477

6 Efek Sinematik

Tidak berhenti dengan menghadirkan perangkat keras terbaik, Mi 11 juga menyiapkan efek kamera yang bisa diaktifkan hanya dengan satu sentuhan saja. Dengan teknologi kecerdasan buatan, fitur-fitur ini akan memudahkan pengguna dalam menciptakan efek sinematik yang umumnya hanya bisa diraih dengan proses penyuntingan secara intens dan memakan waktu lama. Melalui Mi 11, efek tersebut hanya bisa ditempuh dengan satu sentuhan di layar saja.

Dalam satu tampilan saja, pengguna tinggal memilih efek yang ingin dibuat dan kamera langsung menyesuaikan untuk menghasilkan gambar, total ada enam efek sinematik yang bisa dibuat segera dengan Mi 11 yakni magic zoom, time freeze, parallel world, freeze frame, night time-lapse, dan slow shutter.

  • Magic zoom mampu menghasilkan efek zoom ke obyek sementara latar belakang mengembang. Efek ini kerap disebut vertigo shot yang pertama kali dipergunakan dalam film “Vertigo” besutan Alfred Hitchcock yang menunjukkan emosi dari aktor.
  • Time freeze mampu memunculkan gabungan gambar bergerak dan gambar diam dalam satu frame.
  • Slow shutter memunculkan gambar dengan kecepatan rana rendah untuk menghasilkan gambar yang dramatis untuk menonjolkan sebuah detail dalam adegan.
  • Freeze frame, menghasilkan efek kreatif yang bisa diunggah di media sosial dan mendulang pujian serta komentar kagum. Pengguna Mi 11 bisa mengambil gambar yang berbeda dengan mengandalkan satu objek, atau membuat duplikasi objek berulang-ulang seolah menjadi banyak.
  • Parallel World adalah efek yang paling menarik untuk dijepret dengan Mi 11. Efek ini membuat pengguna bisa mengambil gambar pemandangan dengan tampilan yang paralel. Mirip dengan film Inception yang dibintangi Leonardo DiCaprio.
  • Night Time Lapse merupakan efek yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan rentang waktu dalam sebuah peristiwa yang berlangsung di malam hari. Misalnya kondisi jalanan ramai di malam hari dan menjadi sepi menjelang subuh.

8 Filter Sinematik

  • Fantasy merupakan filter yang membuat video kamu mirip dengan film-film ala Hollywood. Cocok untuk digunakan merekam gambar dalam situasi cahaya redup atau tak terlalu terang, misalnya saat cuaca langit berawan.
  • Filter Tango akan menawarkan untuk mendongkrak saturasi dari warna sehingga video yang penuh warna dan kontras tinggi akan semakin mencuri perhatian.
  • Ada pula filter Carmen yang cocok dipakai untuk video yang diambil pada luar ruangan dengan cahaya melimpah. Filter Slumber cocok digunakan untuk membangun suasana yang dingin dan kaku.
  • Slumber adalah filter yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan tone gambar yang gelap tapi kontrasnya masih soft. Cocok untuk mengambil foto atau video dalam ruangan, di luar ruangan saat subuh, atau sore hari.
  • Filter Lime bisa dibilang untuk menciptakan warna film klasik karena adanya kontras yang kuat antara kondisi dingin dan hangat. Cocok untuk merekam gambar di lingkungan alam atau yang lebih berwarna.
  • Bleach Bypass adalah filter dengan kontras yang tinggi dalam tekstur film namun memiliki saturasi yang rendah. Cocok untuk digunakan dalam skenario apa saja.
  • Sedangkan filter Summer bisa digunakan untuk memotret pemandangan alam, kondisi luar ruangan dengan cahaya yang terang. Kontrasnya rendah namun tampilannya cukup soft.
  • Terakhir adalah filter Mystery, yang biasa digunakan untuk film-film bioskop. Tampilannya agak gelap dan sedikit kehijau-hijauan. Cocok untuk merekam di malam hari atau mengabadikan video suasana kota.

Layar Tampilan sinematik
Mi 11 dengan bentang layar 6,81” memiliki ketajaman 515 pixel per inch atau dengan kata lain bisa menampilkan 4,57 juta pixel sekaligus untuk memanjakan mata pengguna melalui konten resolusi tinggi. Dengan dukungan refresh rate hingga 120Hz menjadikan layar Mi 11 sangat nyaman dilihat oleh mata manusia berkat animasi yang sangat halus.

Teknologi layar AMOLED yang diterapkan pada Mi 11 adalah E4 yang menandakan penggunaan material generasi terbaru untuk layar yang memungkinkan layar bisa mencapai tingkat kecerahan hingga 1500 nits serta efisiensi daya hingga 15% dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Pro

Dengan kemampuan layar yang dimiliki Mi 11, pengguna bisa menikmati konten video dengan standar HDR10+ yang bisa menampilkan palet warna 10-bit yang lebih kaya dari layar smartphone pada umumnya yang masih didukung 8-bit. Tingkat akurasi warna yang dimiliki layar telah jauh melampaui standar yang digunakan untuk industri profesional, termasuk oleh layar dari kompetitor.

Mi 11 juga memiliki teknologi Super Resolution yang bisa menaikkan resolusi dari konten video yang sedang diputar agar bisa memaksimalkan manfaat dari layar dengan resolusi WQHD+. Video dengan resolusi 240p misalnya, bisa dinaikkan resolusinya hingga tiga kali lipat atau 720p, atau 480p menjadi 1440p.

Layar yang dimiliki Mi 11 telah menerapkan standar baru untuk menikmati konten cinematic. Tidaklah mengherankan bila pada akhir 2020, layar Mi 11 meraih penghargaan sebagai “Best Smartphone Display Award” dari DisplayMate dengan penilaian A+

Speaker ganda dari Mi 11 menghadirkan pengalaman audio tanpa tanding berkat sentuhan dari tenaga ahli dari harman/kardon berikut sertifikasi Hi-res Audio. Yang menarik adalah fitur untuk menghubungkan dua perangkat audio sekaligus melalui koneksi bluetooth. Dengan demikian satu layar bisa dinikmati berdua tanpa mengurangi kualitas audio-nya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article