icon-category Digilife

6 Istilah WhatsApp yang Sering Kita Pakai

  • 15 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Rachit Tank/Unsplash

    Uzone.id -- WhatsApp masih menjadi aplikasi pilihan banyak orang untuk bertukar pesan di masa sekarang. Dengan berbagai fitur yang hadir, WhatsApp memberikan kemudahan dan pilihan untuk mengirim pesan baik itu pesan teks maupun audio.

    Di balik fitur-fitur berguna yang menjadi andalan WhatsApp, para pengguna ternyata selalu menggunakan istilah pada fitur tersebut, istilah ini menjadi sangat populer dan digunakan oleh pengguna tiap kali memakai aplikasi ini.

    Berikut beberapa makna istilah populer WhatsApp yang sering digunakan pengguna WhatsApp.

    Japri!
    Japri, alias jaluran pribadi sebenarnya punya arti “chat pribadi”, atau obrolan secara personal antara dua orang pengguna di WhatsApp. Ada banget ‘kan, orang-orang yang dikit-dikit bilang, “nanti gue japri, ya!”

    VN (Voice Note)
    WhatsApp memang digunakan kebanyakan orang untuk bertukar pesan teks, tapi fiturnya kini bisa mengirim pesan rekaman suara yang sering disebut dengan Voice Note. Pengguna menggunakan istilah VN ketika mengirim pesan suara ke pengguna lainnya.

    Baca juga: 5 Tips dan Trik WhatsApp Web yang Wajib Diketahui

    Vicall (Video Call)
    Vicall alias video call digunakan ketika seseorang melakukan panggilan video kepada pengguna lainnya. Kata vicall digunakan untuk mengajak pengguna lain melakukan panggilan.

    Dalam pembaruan terbaru, fitur Video Call di WhatsApp bisa mengajak delapan pengguna sekaligus dalam satu panggilan video.

    Istilah “P”
    Semua orang pasti tidak asing dengan istilah ‘Ping!’ yang sempat populer di aplikasi perpesanan BlackBerry Messenger. Meskipun BBM sudah tidak dipakai lagi saat ini, ternyata istilah Ping! atau P masih digunakan di aplikasi lain.

    Istilah P akan dikirim seseorang untuk membuka percakapan, ini menunjukkan bahwa pesan mereka harus cepat-cepat dibalas atau mereka sedang dalam keadaan buru-buru.

    Meski istilah P ini sangat populer didunia perpesanan, banyak pengguna yang menganggap bahwa mengirim P untuk pembuka obrolan tidak terlalu sopan.

    Baca juga: 5 Cara Agar Tahu WhatsApp Kita Diblokir Orang Lain

    TC (Test Chat)
    Pengguna biasanya menggunakan istilah TC dalam fitur ‘broadcast chat’ yang dikirim sekaligus ke banyak kontak. TC ini digunakan untuk memastikan apakah kontak masih aktif atau tidak.

    Jika kontak menunjukkan centang dua, maka kontak masih aktif. Apabila kontak menunjukkan ceklis satu, maka bisa jadi kontak tersebut sedang tidak tersambung ke internet atau malah sudah tidak digunakan.

    PM (Personal Message)
    Sama seperti PC, istilah PM ini digunakan untuk mengirim pesan pribadi. Bedanya, PM ini banyak digunakan pada penjual dan pembeli online. Biasanya, penjual meminta untuk mem-PM mereka apabila ada orang yang berminat membeli produk mereka.

    Tak hanya di WhatsApp, PM juga lebih umum dan sering digunakan di aplikasi perpesanan lainnya.

    VIDEO: Uzone Talks: Startup Penggerak Ekosistem Nutrisi, Pendongkrak Imun

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini